Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI AS: Perbankan AS Mulai Longgarkan Kebijakan Pinjaman

Survei yang dilakukan oleh bank sentral Amerika Serikat menunjukkan bahwa bank-bank di AS melonggarkan kebijakan pinjaman untuk aktivitas bisnis selama kuartal I/2014, di tengah penguatan permintaan kredit.

Bisnis.com, JAKARTA - Survei yang dilakukan oleh bank sentral Amerika Serikat menunjukkan fakta bank-bank di AS melonggarkan kebijakan pinjaman untuk aktivitas bisnis selama kuartal I/2014 di tengah penguatan permintaan kredit.

Data yang dipublikasikan oleh The Fed Selasa (6/5/2014) di Washington, juga menunjukkan pelonggaran kredit turut diberikan pada sektor real estat. Untuk rumah tangga, bank melaporkan telah melonggarkan standar kartu kredit konsumen dan kredit kendaraan.

Data yang dirilis tiap kuartal ini merupakan hasil survei The Fed pada 74 bank domestik dan 23 unit bank asing pada 1-15 April lalu.

Setiap bank domestik melaporkan telah melonggarkan standar atau persyaratan atas kredit komersil dan industri.

“Sebagai dampak dari persaingan yang lebih agresif dengan bank lain atau pemberi pinjaman non-bank, beberapa bank menerapkan pelonggaran untuk prospek ekonomi yang lebih menguntungkan dan persiapan antisipasi terhadap risiko,” ungkap pihak The Fed.

Hasil survei menggarisbawahi potensi peningkatan belanja konsumen pada bulan-bulan mendatang, dengan pertumbuhan pinjaman pada kartu kredit mulai menanjak naik setelah beberapa tahun belakangan mengalami penurunan.

The Fed pun optimis pada belanja rumah tangga yang diprediksi akan meningkat dengan cepat, menegaskan perbaikan ekonomi setelah terpaan cuaca dingin. Tren ini diharapkan akan terus berlanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper