Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Riau Tahan Pembelian Rumah

Penaikan harga rumah bersubsidi program penyaluran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) akan membuat masyarakat menahan pembelian.

Bisnis.com, PEKANBARU - Penaikan harga rumah bersubsidi program penyaluran fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) akan membuat masyarakat menahan pembelian.

Sekjen DPD Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Riau Delisis Haryanto  memprediksi masyarakat akan wait and see untuk melihat kualitas rumah dalam beberapa bulan ini.

"Masyarakat tentu menginginkan kualitas rumah yang lebih baik pada harga harga yang baru ini. Jika tidak jauh berbeda, mereka akan menahan pembelian," kata Delisis kepada Bisnis, Minggu (4/5/2014).

Saat ini harga rumah bersubsidi dibandingkan dengan komersial tidak jauh berbeda. Menurutnya, jika ada perubahan bukan tidak mungkin penjualan akan meningkat, kalau tidak pertumbuhan akan melambat.

Pihaknya menjelaskan harga rumah komersial berkisar antara Rp150 juta-200 juta per unit, sedangkan harga rumah bersubsidi belum termasuk pajak sebesar 10%. Terlebih, rumah bersubsidi memberikan keringanan kepada masyarakat dalam bentuk KPR.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk teliti dalam membeli rumah pada masa transisi ini. Penyesuaian harga yang dilakukan oleh pengembang harus diikuti dengan kelebihan spesifikasi rumah.

Harga rumah di Riau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dinaikkan dari Rp88 juta menjadi Rp116 juta per unit. Keputusan tersebut berdasarkan Permenpera No. 3/2014 tentang FLPP dalam rangka pengadaan perumahan melalui kredit/pembiayaan pemilikan rumah sejahtera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper