Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FAKTA BARU MH370: Ternyata Radar Malaysia Sempat Tangkap Saat Pesawat Berbelok Arah

Pada saat pesawat MH370 menghilang, menara pengawas penerbangan Malaysia ternyata membutuhkan beberapa jam untuk memahami apa yang terjadi meski radar mililiter negara itu telah mengetahui pesawat berbelok arah.
Ilustras/Reuters
Ilustras/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada saat pesawat MH370 menghilang, menara pengawas penerbangan Malaysia ternyata membutuhkan beberapa jam untuk memahami apa yang terjadi meski radar mililiter negara itu telah mengetahui pesawat berbelok arah.

Kebingungan itu terungkap kemarin dalam satu dokumen pemerintah Malaysia yang masih menyelidiki awal dari misteri hilangnya pesawat itu selama  beberapa jam pada 8 Maret lalu.

Menara pengawas penerbangan Malaysia dan menara pengawas milik Vietnam telah saling berhubungan lewat telepon dan melaporkan bahwa pesawat jet itu mulai mengarah ke Kamboja, menurut dokumen itu sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (2/5/2014).

Pada saat komunikasi itu berlangsung, militer Malaysia mendeteksi sebuah target radar yang tidak teridentifikasi yang diyakini pesawat Boeing Co. 777-200ER.

Pesawat dengan 239 penumpang dan awak itu tengah menuju ke arah barat atau berbalik arah dari yang seharusnya terbang menuju Beijing dari Kuala Lumpur, hampir dua bulan lalu.

“Pesawat itu dikategorikan tidak membahayakan oleh operator radar  sehingga tidak ada tindakan yang diambil saat itu,” menurut pernyataan pejabat Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (2/5/2014).

Hishammuddin sendiri baru diinformasikan soal pelacakan pesawat itu sembilan jam setelah pesawat sipil itu kehilangan kontak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper