Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei BI: Omset Penjualan Eceran Diperkirakan Meningkat

Survei penjualan eceran Bank Indonesia wilayah V Jateng-DIY pada Maret 2014 menunjukkan peningkatan omset terjadi di Kota Semarang.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 30 April 2014  |  18:43 WIB
Bank Indonesia - JIBI
Bank Indonesia - JIBI

Bisnis.com, SEMARANG — Survei penjualan eceran Bank Indonesia wilayah V Jateng-DIY pada Maret 2014 menunjukkan peningkatan omset terjadi di Kota Semarang.

Peningkatan itu tercermin dari pertumbuhan tahunan Indeks Penjualan Riil (IPR) menjadi 30,5% (yoy) dari 26,1% (yoy) pada Februari 2014.

Kepala Bank Indonesia Kpw Jateng-DIY Sutikno menuturkan pertumbuhan IPR didorong oleh menguatnya permintaan pada kelompok makanan, minuman dan tembakau.

“Serta kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, seiring dengan penyelenggaraan Pemilu Legislatif. Di sisi lain juga akibat peluncuran Low Cost Green Car,” ujarnya dalam keterangan pers, Rabu (30/4/2014).

Survei oleh BI itu juga menunjukkan penjualan eceran diperkirakan kembali menguat pada April 2014, tercermin pada IPR yang diperkirakan tumbuh 38,9% (yoy).

Sementara itu, penjualan riil untuk 3 – 6 bulan ke depan diperkirakan terus meningkat, dengan indikasi indeks ekspektasi penjualan 3 bulan mendatang yang tercatat 155,00 lebih tinggi dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya 130,00.

Sutikno menuturkan peningkatan penjualan riil diperkirakan juga terpengaruh faktor musim libur sekolah dan persiapan perayaan Lebaran pada pertengahan tahun ini.

Peningkatan permintaan diperkirakan masih akan berlanjut hingga September, dengan potensi peningkatan indeks ekspektasi penjualan 6 bulan mendatang 162,50 lebih tinggi dibandingkan dengan indeks bulan sebelumnya 140,00.

Adapun, indeks perkiraan harga untuk 3 bulan mendatang tercatat 150,00 yang lebih rendah dibandingkan dengan indeks sebelumnya mencapai 160,00. Hal serupa terjadi pada indeks ekspektasi 6 bulan kedepan yang menurun menjadi 152,50 dari 167,50.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top