Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepercayaan Konsumen Menguat, Ekonomi Dunia Pulih?

Kepercayaan konsumen global kembali ke posisi awal pra-krisis dengan mencatatkan indeks sebesar 96 pada kuartal I/2014, level tertinggi sejak 2007.

Bisnis.com, JAKARTA--Kepercayaan konsumen global kembali ke posisi awal pra-krisis dengan mencatatkan indeks sebesar 96 pada kuartal I/2014, level tertinggi sejak 2007.

Nielsen Global Consumer Confidence Index menunjukkan kenaikan 2 poin dari kuartal IV/2014 dan tumbuh 2 poin dari kuartal I/2013.

Adapun, kenaikan kepercayaan konsumen disumbang oleh Perancis (59), Amerika Serikat (100), Jerman (99), Inggris (87), dan Jepang.

Untuk kawasan sendiri, kenaikan tersebesar terlihat di Asia Pasifik 106 (+1), Amerika Utara 100 (+5), Timur Tengah/Afrika 94 (+4), dan Eropa 75 (+2).India [121], Hongkong [111], Filipina [116], Thailand [108], dan Indonesia [124] adalah beberapa negara yang mencatat kenaikan kepercayaan konsumen di kawasan Asia Pasifik, ungkap survei yang dirilis di New York, Rabu (30/4/2014).

India mampu membalas penurunan signifikan dengan merangkak naik ke level kuartal IV/2012 sedangkan indeks kepercayaan konsumen di China cenderung datar.

Sementara itu, indeks kepercayaan konsumen di Eropa memang menunjukkan peningkatan, antara lain akibat kenaikan signifikan dari Jerman dan Perancis.

Namun secara keseluruhan posisi indeks Eropa masih lemah sehingga mengindikasikan ekonomi wilayah tersebut tengah bergelut untuk pulih dari krisis keuangan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper