Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IPB dan USBI Kerja Sama Bangun SDM Pertanian

Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation (PSF) menandatangani nota kesepahaman dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian dalam arti luas.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 25 April 2014  |  11:41 WIB
Kerja sama akademis USBI akan didaftarkan pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan hukum dan peraturan Republik Indonesia.  - bisnis.com
Kerja sama akademis USBI akan didaftarkan pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan hukum dan peraturan Republik Indonesia. - bisnis.com

Bisnis.com, BOGOR -  Institut Pertanian Bogor (IPB) dan  Universitas Siswa Bangsa Internasional (USBI) di bawah naungan Putera Sampoerna Foundation (PSF) menandatangani nota kesepahaman dalam meningkatkan sumber daya manusia di bidang pertanian dalam arti luas.

Kerja sama tersebut diawali dengan pembimbingan IPB kepada USBI dalam pengembangan program studi Ilmu dan Teknologi Pangan dan program studi Agronomi dan Hortikultura  di kampus USBI, Jakarta.

“IPB berkomitmen untuk bekerja sama dengan USBI untuk memberikan pendidikan berkualitas melalui kemitraan strategis,” kata Prof Herry Suhardiyanto, Rektor Institut Pertanian Bogor, dalam rilisnya, Kamis (24/4/2014).

Kerja sama IPB-USBI, kata guru besar IPB tersebut merupakan langkah strategis untuk pengembangan sumber daya manusia yang mempunyai keahlian bidang pertanian. Kegiatan diawali dengan pengembangan kurikulum dan penyelenggaraan pendidikan.

“Mahasiswa-mahasiswi USBI yang telah menyelesaikan mata kuliah dasar dan pengantar ilmu teknik dengan nilai memuaskan berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke program sarjana Ilmu dan Teknologi Pangan serta Agronomi dan Hortikultura,” kata  Prof Aman Wirakartakusumah, Rektor Universitas Siswa Bangsa Internasional.

Kemitraan IPB-USBI itu meliputi pendidikan dan pelatihan, pengembangan kapasitas mahasiswa dan pengajar, penelitian, keikutsertaan kegiatan pelayanan kegiatan pengabdian kepada masyarakat,  seminar, dan lokakarya.

Pembangunan pertanian berkelanjutan harus didukung oleh sektor-sektor lainnya, karena isu-isu pertanian memiliki skala kepentingan luas dan tinggi.

Sektor pertanian memerlukan keberpihakan tinggi karena leading sector untuk ketahanan dan kedaulatan pangan, peningkatan nilai tambah, dan penyelesaian berbagai persoalan mendasar seperti penyediaan lapangan kerja, lingkungan dan sosial, termasuk  masalah kemiskinan, pemerataan dan keadilan.

Oleh karena itu, Indonesia harus menempatkan sektor pertanian sebagai kunci utama dalam pembangunan nasional berkelanjutan.

“Putera Sampoerna Foundation percaya bahwa kemitraan IPB-USBI dapat menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan yang dapat melakukan perubahan positif dan menjadikan Indonesia sebuah negara yang lebih maju,” kata  Nenny Soemawinata, Managing Director Putera Sampoerna Foundation.

Kerja sama akademis USBI akan didaftarkan pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sesuai dengan hukum dan peraturan Republik Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipb SDM Pertanian
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top