Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bongkar Muat Pelabuhan Tanjung Emas Didominasi Barang Ekspor-Impor

Bongkar muat peti kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengalami kenaikan 18%, didominasi kontainer barang ekspor-impor.
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 22 April 2014  |  15:41 WIB
Pelabuhan Tanjung Emas - JIBI
Pelabuhan Tanjung Emas - JIBI

Bisnis.com, SEMARANG - Bongkar muat peti kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengalami kenaikan 18%, didominasi kontainer barang ekspor-impor.

General Manager Terminal Peti Kemas Semarang Iwan Sabatini mengapresiasi kinerja bongkar muat yang tidak terpengaruh cuaca ekstrem di awal tahun.

"Kinerja 3 bulan pertama saat cuaca cukup ekstrem tidak mengganggu operasional, bahkan ada kenaikan menjadi 143.000 Teus dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 116.000 Teus di triwulan 1," ujarnya, Selasa (22/4/2014).

Pertumbuhan produktivitas yang mencapai 18% itu menurut Iwan merupakan imbas dari peningkatan ekspor Jateng ke beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Brasil untuk garmen serta ke Jepang dan. Timur Tengah untuk furnitur.

Iwan menguraikan, bongkar muat di TPKS masih didominasi produk ekspor - impor seperti garmen dan produk tekstil (38%), mebel dan furnitur (15%) serta sisanya barang elektronik dan makanan olahan.

"Untuk pasar domestik masih kecil sekali karena fokus kita internasional. Tetapi untuk mengisi waktu idle kita dorong sektor domestik dengan tawaran diskon pelayaran 40%," katanya.

Bongkar muat kontainer domestik selama ini masih dilakukan untuk rute Tanjung Priok - Semarang dan Kumai Kalimantan - Semarang. Aktivitas bongkar muat barang domestik baru dimulai pada semester II-2013 sehingga terus diupayakan untuk lebih produktif.

Pada tahun ini, TPKS menargetkan 15.000 - 18.000 Teus setahun untuk domestik dengan jadwal bongkar muat 2 - 3 kapal dalam seminggu. Sedangkan untuk pelayaran internasional setidaknya mencapai 498.000 Teus dalam setahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan tanjung emas
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top