Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sistem CIF Dorong Ekspor Jateng

Kalangan pelaku usaha di Jawa Tengah perlu melaksanakan kebijakan baru mengenai sistem pelaksanaan ekspor dengan Cost Insurance And Freight (CIF)

Bisnis.com, SEMARANG--Kalangan pelaku usaha di Jawa Tengah perlu melaksanakan kebijakan baru mengenai sistem pelaksanaan ekspor dengan Cost Insurance And Freight (CIF)

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinperindag Jateng Ratih Susyati Sudamar menuturkan CIF mengharuskan eksportir menyerahkan barang di atas kapal dengan ongkos angkut dan premi asuransi sudah dibayar hingga ke pelabuhan tujuan.

"CIF merupakan kebijakan baru menggantikan FOB (freight on board) untuk mendongkrak pertumbuhan ekspor Jawa Tengah sampai 10%," jelasnya, Jumat (11/4/2014).

Berdasarkan data Dinperindag Jateng, nilai ekspor non migas 2013 mengalami peningkatan 7,95% dan diharapkan tahun ini bisa tumbuh 10%.

Menurut Susyati, FOB merupakan penyerahan barang di kapal dengan memberikan penawaran harga barang tanpa disertai fasilitas ongkos kapal oleh penjual.
Persyaratan FOB hanya berlaku untuk pengangkutan laut antar pulau saja.

Kebijakan menggunakan sistem CIF, menurut Ratih bisa mendorong pertumbuhan ekspor karena pembeli mendapatkan servis lebih dari penjual melalui biaya asuransi.

"Kebijakan CIF diharapkan memberikan peluang pemenfaatan potensi usaha jasa khususnya bidang asuransi, perbankan dan pengangkutan," tambahnya.

Untuk memahami sistem CIF, pihaknya berharap eksportir memahami terlebih dahulu Peraturan Menteri Dalam Negeri nomow 01 dan 07/2014 tentang tata cara penetapan nilai freight dan nilai asuransi.

Selain itu, eksportir diminta kooperatif mempelajari Peraturan Menteri Keuangan nomor 41/2014 tentang tata cara pengisian nilai transaksi ekspor dalam bentuk CIF serta implementasi fitur baru surat keterangan asal (SKA) ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper