Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MH370 Jatuh di Samudera Hindia, Ini Janji MAS Selain Beri Bantuan US$5.000/Keluarga

Maskapai penerbangan Malaysia Airlines (MAS) memberikan bantuan finansial awal sebesar US$5.000 kepada setiap keluarga penumpang pesawat MH370 yang dipastikan jatuh di sebelah selatan Samudera Hindia.
 PM Malaysia Najib Razak & keluarga penumpang MH370/Reuters
PM Malaysia Najib Razak & keluarga penumpang MH370/Reuters

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Maskapai penerbangan Malaysia Airlines (MAS) memberikan bantuan finansial awal sebesar US$5.000 kepada setiap keluarga penumpang pesawat MH370 yang dipastikan jatuh di sebelah selatan Samudera Hindia.

Selain bantuan finansial sebesar US$5.000, pihak maskapai juga menawarkan bantuan tambahan sementara operasi pencarian masih berlanjut.

"Malaysia Airlines sudah memberikan bantuan finansial awal sebanyak US$5.000 kepada keluarga penumpang. Kami menyadari bahwa bantuan keuangan bukanlah satu-satunya pertimbangan," kata CEO MAS Ahmad Jauhari Yahya dalam jumpa pers di lapangan terbang antarbangsa KLIA, Sepang, seperti dikutip Antara, Selasa (25/3/2014).

Namun, operasi pencarian yang berkepanjangan tentunya akan menambah beban keuangan bagi keluarga. "Oleh karenanya kami menawarkan tambahan bantuan sementara operasi pencarian berlanjut," katanya.

Selain bantuan keuangan, MAS juga menyediakan tenaga untuk mendampingi sekitar 900 anggota keluarga baik di Malaysia maupun di Beijing.

Perwakilan keluarga akan dibawa ke Australia segera setelah MAS menerima konfirmasi dari tim penyelidik, tetapi Australia baru akan mengeluarkan visa setelah ada bukti bahwa pesawat benar-benar jatuh di lokasi yang disebutkan.

MAS berupaya agar keluarga para penumpang menerima informasi langsung dari MAS, dan bukan dari media, bahwa pesawat naas tersebut dipastikan terhempas di Samudera Hindia dengan mengirimkan SMS serta menelepon langsung keluarga.

"Kami melakukannya secara personal dengan menghubungi keluarga melalui telepon serta SMS untuk memastikan bahwa sekitar 1.000 anggota keluarga mendengar berita tersebut dari kami, bukan dari media," kata Ahmad Jauhari.

Sementara itu, Direktur Eksekutif MAS Tan Sri Md Nor Md Yusof mengatakan penyelidikan mengenai tragedi tersebut masih terus berlangsung dan mungkin akan semakin kompleks dan memakan waktu lama.

"Namun kami akan terus mendukung keluarga seperti yang sudah kami lakukan selama ini. Kami juga mendukung upaya pencarian yang dilakukan pihak berwenang untuk mendapat jawaban pasti," katanya.

Mengenai reaksi keluarga di Beijing yang menyalahkan pihak MAS dan pemerintah Malaysia, Yusof mengaku bisa memahami reaksi emosional tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper