Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat MH370 Belum Ditemukan, AS Kirimkan Pelacak Kotak Hitam MAS

Angkatan Laut Amerika Serikat tengah mengerahkan salah satu pelacak Kotak Hitam berteknologi tinggi, mendekati wilayah pencarian pesawat Malaysia Airlines di daerah terpencil perairan Australia.
 Malaysia Airlines MH370 Hilang/Reuters
Malaysia Airlines MH370 Hilang/Reuters

Bisnis.com, SYDNEY - Angkatan Laut Amerika Serikat tengah mengerahkan salah satu pelacak Kotak Hitam berteknologi tinggi, mendekati wilayah pencarian pesawat Malaysia Airlines di daerah terpencil perairan Australia.

Pengerahan detektor Kotak Hitam dengan teknologi tinggi itu memperkuat harapan bahwa reruntuhan pesawat dapat segera ditemukan.

Malaysia Airlines dengan penerbangan MH370 menghilang dari layar radar sipil kurang dari satu jam setelah lepas landas dari Kuala Lumpur dengan membawa 239 orang dalam penerbangan menuju Beijing pada 8 Maret 2014.

Pelacak Kotak Hitam --yang disebut dengan Towed Pinged Locator-- akan menjadi alat penting dalam upaya menemukan kota hitam pesawat jet itu jika daerah ditemukannya puing digariskan oleh tim pencari internasional di bawah kepemimpinan Australia untuk menyisir wilayah di Samudera Hindia, sekitar 2.500 kilometer dari barat daya Perth.

"Jika puing ditemukan, kami bisa bergerak secepat mungkin karena masa hidup baterai pendesing kotak hitam memiliki keterbatasan," kata Komandan Chris Budde, pejabat Operasi Armada Ketujuh, dalam sebuah pernyataan yang dikirimkan melalui surat elektronik.

Perhatian dan sumber-sumber dalam pencarian pesawat Boeing 777 itu telah berpindah-pindah dalam beberapa hari terakhir ini, dari fokus awal di utara khatulistiwa hingga ke lautan dingin yang diselimuti es di selatan Samudera Hindia.

Pesawat militer Tiongkok dan Jepang bergabung dengan armada berkekuatan 10 pesawat internasional menyisir wilayah itu untuk pertama kalinya pada Senin.

Armada kecil kapal-kapal Tiongkok, termasuk kapal pemecah es Xuelong atau Naga Salju, juga sedang bergerak menuju selatan.

Dua pesawat militer Tiongkok Ilyushin IL-76 serta dua P3 Orions dan dua pesawat jet sipil jarak sangat jauh milik Australia telah mulai melakukan pencarian dini pada hari Senin.

Satu jet jarak sangat jauh lainnya, yaitu P8 Poseidon milik Angkatan Laut AS dan dua P3 Orions milik Jepang juga akan diberangkatkan hari Senin. (Antara/Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper