Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disnakertransduk Jateng Gandeng BKSP Tingkatkan Kompetensi Naker

Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan kependudukan terus menggandeng lembaga pelatihan lerja dan Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) dalam upaya meningkatkan standar kompetensi tenaga kerja di Jateng.
Pekerja pabrik tekstil di Jateng/JIBI
Pekerja pabrik tekstil di Jateng/JIBI

Bisnis.com, SEMARANG—Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan kependudukan terus menggandeng lembaga pelatihan lerja dan Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) dalam upaya meningkatkan standar kompetensi tenaga kerja di Jateng.

Pelaksana Tugas Kepala Disnakertransduk Jateng Wika Bintang mengatakan BKSP memiliki tugas menjembatani Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan perusahaan yang membutuhkan calon tenaga kerja kompeten.

"Untuk balai latihan kerja luar negeri bagi tenaga kerja yang berminat juga harus punya sertifikasi kompetensi. Kami siap menjembatani," tuturnya, Rabu (19/3/2014).

Data BPS Jateng menunjukkan jumlah angkatan kerja pada akhir 2013 sebanyak 17 juta orang dengan kepemilikan sertifikat kompetensi kerja tidak sampai 20%.

Ketua BKSP Jateng Hertoto Basuki kembali menggarisbawahi, secara keahlian tenaga kerja muda kurang siap bersaing menuju MEA 2015.

Menurutnya, SMD industri di daerah bergantung keberadaan LSP yang di dukung ahli dan asesor yang menguji tenaga kerja industri. Dengan jumlah 17 juta angkatan kerja, Jateng baru memiliki 1.000 asesor untuk menguji 12 sektor kerja.

"Jateng masih fokus dan terus mendorong 12 LSP untuk membantu sertifikasi dan verifikasi berbagai industri, untuk sampai 2015 waktunya sudah kritis," tandasnya.

Sesuai data Disnakertransduk terdapat 32 sektor industri masuk ke Jateng dengan 12 LSP yang dimiliki Jateng seperti otomotif, furnitur, koperasi, garmen, mesin, sekretaris, batik, akuntansi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper