Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang: Berita Harian Utusan Malaysia Menyesatkan

Pemerintah Indonesia membantah tuduhan menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan pesawat komersial Malaysia Airlines MH370 yang melintasi wilayah Nusantara.

Bisnis.com, KALUA LUMPUR -  Pemerintah Indonesia membantah tuduhan menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan pesawat komersial Malaysia Airlines MH370 yang melintasi wilayah Nusantara.

Spekulasi tersebut jelas tidak memiliki dukungan data sama sekali dan hanya merupakan halusinasi seseorang untuk menciptakan kebingungan publik, demikian siaran pers Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur yang diterima Antara, Selasa.

Dalam hal ini, KBRI Kuala Lumpur menyesalkan artikel di Harian Utusan Malaysia edisi 17 Maret 2014 yang berjudul "MH 370 Disembunyi di Pangkalan AS di Diego Garcia?" Artikel tersebut merujuk spekulasi yang dimuat dalam portal Cabal Times bahwa Indonesia dengan sengaja menutupi data radar yang diyakini merekam pergerakan MH370 yang melintasi wilayah Indonesia.

Terlebih lagi, tulisan tersebut juga sangat melukai perasaan keluarga para penumpang termasuk penumpang warga negara Indonesia yang sedang dalam kondisi teramat sulit dan bersedih.

KBRI Kuala Lumpur juga membantah Indonesia terlibat dalam apa yang disebut sebagai gerakan "rahasia globalisasi" atau "koalisi barat" yang memiliki agenda tertentu.

Sejak hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH 370 tanggal 8 Maret 2014, Pemerintah Indonesia merupakan salah satu negara yang pertama memberikan dukungan atas upaya pencarian pesawat MH 370 dengan mengerahkan 8 kapal dan 3 pesawat serta sejumlah besar personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Badan SAR Nasional.

Komitmen Indonesia ini didasari semangat ASEAN dan hubungan baik dengan Malaysia yang sangat kuat. Indonesia juga akan terus memberikan dukungan dan kerja sama untuk mencari pesawat tersebut hingga ditemukan.

Pemerintah Indonesia, demikian KBRI Kuala Lumpur, mendukung sepenuhnya fokus operasi pencarian pesawat hingga ditemukan dan meminta semua pihak untuk bersabar serta memberikan kepercayaan kepada para ahli yang terlibat dalam pencarian.

Untuk itu, Indonesia juga meminta agar spekulasi yang tidak bertanggung jawab dihentikan karena tidak membantu upaya dalam menemukan pesawat MH370 yang menjadi tujuan utama operasi pencarian yang melibatkan tidak kurang dari 25 negara.(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper