Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pesawat Malaysia Airlines Hilang: Pilot MH 370 Di Mata Sahabat

Seorang teman Kapten Zaharie Ahmad Shah mengatakan bahwa dia tidak percaya chief pilot bertanggung jawab atas hilangnya Malaysia Airlines MH370.
Peter Chong, sahabat Kapten Zaharie Ahmad Shah/BBC
Peter Chong, sahabat Kapten Zaharie Ahmad Shah/BBC

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Seorang teman Kapten Zaharie Ahmad Shah mengatakan bahwa dia tidak percaya chief pilot bertanggung jawab atas hilangnya Malaysia Airlines MH370.

Peter Chong berbicara kepada BBC setelah isu itu muncul bahwa kontak dengan pesawat itu sengaja dipotong oleh seseorang di pesawat, dan rumah Kapten Zaharie telah digeledah oleh polisi.

Kapten Pilot Zaharie Ahmad Shah Malaysia Airlines  dikenal sebagai penggila teknologi. Bahkan kegemarannya itu sudah berlangsung sejak dirinya duduk di bangku sekolah.

Pilot berusia 53 tahun ini digambarkan sebagai seorang kakek yang lembut dan tidak pernah kompromi akan keselamatan penumpangnya. Demikian diceritakan mantan teman sekelasnya semasa sekolah, Mohd Nasir Othman, seperti dilansir dari Straits Times, Minggu (16/3/2014).

Mohd Nasir Othman mengenang Kapten Zaharie adalah seorang yang bertanggung jawab dan sangat beretika. "Dia tidak akan pernah melakukan apa pun yang akan membahayakan kehidupan masyarakat," ungkap Mohd Nasir.

"Dia mendirikan sebuah simulator penerbangan di rumahnya karena ia selalu menjadi seorang penggila gadget sejak zaman kami masih di sekolah," tambah dia yang juga menyebutkan jika Kapten Zaharie sangat kreatif.

Dengan demikian, dia tidak langsung mempercayai apa yang dikatakan oleh Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak bahwa penyelidikan menunjukkan sebelum menghilang, secara konsisten ada tindakan sengaja yang dilakukan oleh seseorang di dalam pesawat.

Mohd Nasir pun bergabung dengan teman-temannya dari pilot veteran, -yang mempunyai jam terbang mencapai 18.365-, terhadap laporan yang dianggap sampah bagi mereka karena menunjukkan bahwa pilot berada di balik hilangnya pesawat.

Capt Zaharie, mengenang Mohd Nasir, adalah orang yang periang dan mempunyai istri yang penuh kasih. Dia memiliki empat anak yang telah dewasa dan karier yang sukses.

"Dia juga seorang juru masak yang baik. Ketika ia mengundang kami ke rumahnya dalam sebuah acara, empat tahun lalu, istrinya mengatakan kepada saya bahwa Zaharie yang telah mempersiapkan semua hidangan pembuka aneka sup untuk makanan penutup," tutur Mohd Nasir.

Teman lainnya, Ho Nean Chan menepis spekulasi yang mengarahkan jika Kapten Zaharie mempunyai simulator penerbangan, menjadi pemicu adanya pembajakan oleh sang kapten.

"Penerbangan adalah hobinya. Kenapa dia tidak bisa memiliki simulator sendiri di rumah? Terakhir saya cek, itu adalah permainan yang bisa kita dibeli di mana saja," tegas Ho.

Investigasi Kru

Perdana Menteri Najib Tun Razak mengatakan setelah melihat perkembangan terakhir hilangnya pesawat Malaysian Airlines MH370, otoritas Malaysia memfokuskan kembali investigasi mereka terhadap kru dan penumpang pesawat tersebut.

Najib mengungkapkan otoritas masih menginvestigasi semua kemungkinan penyebab pesawat MH370 melenceng dari jalur sebenarnya menuju Beijing setelah hal itu dikonfirmasi bahwa pesawat yang terpantau di data radar utama adalah MH370.

"Selama 7 hari terakhir, kami mengikuti semua petunjuk dan melihat segala kemungkinan. Kepada keluarga dan sahabat yang terkait dengan musibah ini, kami harap informasi baru ini memberikan kita satu langkah lebih dekat untuk menemukan pesawat itu," kata Najib dalam pernyataan media hari ini, Sabtu (15/3/2014).

Najib juga menginstruksikan Menteri Luar Negeri untuk memberikan penjelasan lengkap kepada pemerintahan negara lain yang warga negaranya beradal dalam pesawat tersebut.

Dia juga memerintahkan otoritas setempat berbagi semua informasi yang relevan secara bebas dan transaparan dengan tim investigasi lebih luas,negara tetangga dan mitra internasional dalam operasi gabungan.

Hingga hari ini, 14 negara, 43 kapal, dan 58 pesawat terlibat dalam pencarian pesawat MH370.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : BBC.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper