Krisis Ukraina: Prancis Ancam Rusia Boikot KTT G8 Sochi

Paris mengancam Moskow untuk segera menghentikan segala aksi militer di teritorial Ukraina, atau Prancis akan memboikot pelaksanaan KTT G8 di Sochi, Rusia
Arys Aditya | 02 Maret 2014 17:52 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin

Bisnis.com, PARIS—Setelah Washington, kini giliran Paris yang mengancam Moskow untuk segera menghentikan segala aksi militer di teritorial Ukraina, atau Prancis akan memboikot pelaksanaan KTT G8 di Sochi, Rusia.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius menuturkan, pertemuan puncak delapan negara raksasa yang tergabung dalam G8 itu bisa saja dibatalkan untuk meningkatkan tekanan kepada Rusia, dan memaksa Putin segera menarik tentara atau membatalkan tindakan militer di Ukraina.

“Posisi Prancis saat ini adalah memboikot persiapan menuju pertemuan puncak G8 di Sochi selama rekan kita Rusia tidak segera mentaati prinsip-prinsip kerja sama yang disepakati baik di G7 maupun G8,” kata Fabius, Minggu (2/3/2014).

Sebelumnya, AS telah menyatakan tidak akan berpartisipasi dalam penyelenggaraan pertemuan pembukaan KTT G8, yang memberi isyarat ancaman terhadap Rusia atas pengiriman pasukan di Crimea.

Sumber : Reuters

Tag : prancis, rusia, kerusuhan ukraina
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top