Presiden SBY Terima Kunjungan Raja Yordania Siang Ini

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Rabu (26/2/2014) siang dijadwalkan menerima kunjungan Raja Yordania Abdullah Bin Al-Hussein (Abdullah II).
Presiden SBY Terima Kunjungan Raja Yordania Siang Ini News Editor | 26 Februari 2014 08:29 WIB
Presiden SBY Terima Kunjungan Raja Yordania Siang Ini
Raja Yordania Abdullah bin Hussein (kiri) dan Ratu Rania - biography.com

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono Rabu (26/2/2014) siang dijadwalkan menerima kunjungan Raja Yordania Abdullah Bin Al-Hussein (Abdullah II).

Kepala Negara akan menerima kunjungan Raja Abdullah di Istana Merdeka Jakarta, untuk melakukan pertemuan bilateral dan dilanjutkan dengan jamuan makan siang.

Sebelumnya Staf Khusus Presiden bidang hubungan Internasional Teuku Faizasyah dalam keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Senin, menjelaskan kunjungan ini merupakan kunjungan kedua Raja Abdullah II ke Indonesia selama masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kunjungan kenegaraan pertama ke Indonesia dilakukan oleh Raja Abdullah II pada 12-13 Oktober 2005. Adapun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan kunjungan balasan ke Yordania pada tanggal 2-3 Mei 2006.

Salah satu agenda kunjungan Raja Yordania adalah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI. Dalam pertemuan tersebut, kedua kepala negara akan membahas upaya peningkatan kerja sama bilateral Indonesia-Yordania di berbagai bidang, antara lain terkait perdagangan, investasi, pertahanan, dan sosial budaya.

"Selain itu, kedua kepala negara akan membahas perkembangan terkini di masing-masing kawasan, utamanya di Timur Tengah. Pertukaran pikiran antara kedua kepala negara mengenai isu-isu kawasan tersebut juga sangat penting artinya memperhatikan Yordania saat ini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB 2014-2015," katanya.

Faizasyah mengatakan Indonesia memiliki kedekatan historis dan juga kedekatan sosial-budaya dengan negara-negara di Timur Tengah, termasuk Yordania.

Hubungan diplomatik Indonesia - Yordania dimulai pada tahun 1950 dan sejak saat itu, hubungan bilateral telah berkembang dengan baik. Diyakini terdapat banyak ruang bagi kedua negara untuk terus meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

"Kunjungan kedua kalinya Raja Yordania ke Indonesia mencerminkan kesungguhan komitmen untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, yang sejatinya selama ini telah terjalin dengan baik," katanya.

Dia menambahkan bahwa "Dewasa ini, Indonesia merupakan mitra dagang terbesar Yordania di ASEAN. Diharapkan dari pertemuan tersebut akan semakin terbuka peluang kerja sama antara kedua negara, utamanya di bidang ekonomi.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
presiden sby

Editor : Fatkhul-nonaktif

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top