Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Tetap Ungguli Prabowo dan Aburizal Bakrie

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tetap menjadi kandidat calon presiden terpopuler berdasarkan survei Roy Morgan Research pada bulan Januari 2014 dengan persentase 39%, jauh mengungguli Prabowo Subianto 16% dan Aburizal Bakrie 12%.
/Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo/Bisnis
/Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tetap menjadi kandidat calon presiden terpopuler berdasarkan survei Roy Morgan Research pada bulan Januari 2014 dengan persentase 39%, jauh mengungguli Prabowo Subianto 16% dan Aburizal Bakrie 12%.

Direktur Roy Morgan Research Irawati Soekirman mengatakan elektabilitas Jokowi naik 1 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Begitu juga dengan Prabowo yang naik 2 poin, tetapi elektabilitas Aburizal Bakrie tidak berubah.

"Dengan terlihatnya dukungan yang meningkat pada bulan Januari 2014, tampak jelas bahwa Jokowi calon yang paling disukai melebihi pesaingnya," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (21/2/2014).

Sementara itu, kandidat lain masih jauh berada di bawah, yakni Wiranto 7%, Jusuf Kalla 5%, Megawati Soekarnoputri 5%, Dahlan Iskan 4%, Mahfud MD 1%, dan 7% calon lainnya. Di sisi lain, warga yang belum dapat menyebutkan calonnya mencapai 11%.

Menurut Ira, survei tersebut melibatkan lebih dari 3.000 responden setiap bulan di kota besar, kota kecil hingga pedesaan menggunakan metode random sampling. "Kami sudah 4 bulan melakukan survei dengan jumlah samplong lebih dari 3.000 responden tiap bulan," jelasnya.

Karena jumlahnya besar, lanjut Ira, bisa dicek detailnya. Roy Morgan Research melakukan survey politik dan calon presiden secara independen. "Kami tidak bekerja untuk siapapun juga," ujar Ira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper