Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Irman Gusman: Pengusaha Muda Harus Punya Patriotisme

Menghadapi Asean Economic Community 2015, para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) diharapkan mampu melahirkan pemimpin yang tak hanya memikirkan tentang keuntungan semata tetapi juga memiliki jiwa patriotisme.

Bisnis.com, JAKARTA -- Menghadapi Asean Economic Community 2015, para pengusaha yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) diharapkan mampu melahirkan pemimpin  yang tak hanya memikirkan tentang keuntungan semata tetapi juga memiliki jiwa patriotisme.

Demikian dikemukakan oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman saat mengisi sesi Diklatnas HIPMI Angkatan III di Gedung Lemhanas,Kamis (20/2/2014).

 "Hipmi harus bergeser posisinya, setiap kader harus memiliki jiwa patriot. Jangan bilang patriotisme itu urusan politik dan pemerintah saja. Untuk menjadi pengusaha dan pemimpin yang tangguh diperlukan jiwa patriotisme, t erlebih, Indonesia tengah bersiap-siap menghadapi ASEAN Economic Community 2015,” ujarnya.

Menurutnya, setiap bangsa di Asia harus meningkat daya saing yang tidak sekedar terjadi antar bangsa, tetapi sudah merambah antar provinsi, kabupaten, kota, korporasi dan bahkan individu di dunia.

 "Peran aktif pelaku dunia usaha, tidak saja untuk membantu perekonomian masyarakat tetapi yang lebih penting menggerakkan ekonomi nasional agar tercipta kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat," ujar Irman.

Hanya saja persoalan tidak meratanya kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat hingga kini masih terjadi di Indonesia. Menurut Irman, peranan negara terhadap aktivitas ekonomi di daerah hendaknya tidak sekedar mengalokasikan APBD ke daerah, namun juga mewujudkan kemandirian ekonomi dengan membuka akses dan peluang ekonomi yang sama di seluruh daerah.

 “Maka, Hipmi harus bersinergi dengan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan di daerah. Percepatan pembangunan di daerah harus dilakukan menyesuaikan dengan potensi yang ada didaerah masing-masing,” ujarnya.

Calon presiden peserta konvensi Partai Demokrat tersebut juga mendambakan Indonesia menjadi negara yang mandiri secara ekonomi dan mampu menjawab tantangan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper