Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erupsi Gunung Sinabung, BNPB Mulai Salurkan Bantuan

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai menyalurkan kembali bantuan sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung
Pengungsi Erupsi Sinabung/Jibi
Pengungsi Erupsi Sinabung/Jibi

Bisnis.com, MEDAN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mulai menyalurkan kembali bantuan sesuai dengan instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk pengungsi erupsi Gunung Sinabung.

Kepala BNPB Syamsul Maarif menyebutkan pihaknya telah menambah sarana pengungsian agar korban tidak terkonsentrasi pada satu tempat. Total penambahan terdapat 37 jambur. Setiap jambur dilengkapi dengan sarana dan layanan kesehatan seperti sanitasi, air bersih, dan MCK.

"Untuk pendidikan, Kemendikbud telah memberikan beasiswa Rp450.000 per siswa untuk total 2.815 siswa SD, Rp750.000 per siswa untuk 2.052 siswa SMP, dan Rp1 juta per siswa untk 1.141 siswa SMA. Mahasiswa masih kami data. Mereka akan mendapatkan Rp2,5 juta per orang," ujar Syamsul, Minggu (26/1/2014).

Selain itu, Kemendikbud, lanjut Syamsul juga menyumbangkan seragam sekolah, buku pelajaran, perlengkapan sekolah, tenda belajar, dan progran konseling trauma. Total bantuan Kemendikbud Rp4,6 miliar. Adapun bantuan akan diserahkan pada Februari 2014 melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Karo.

Untuk sektor pertanian, Kementerian Pertanian menyiapkan bibit seperti cabe, tomat, ubi, kentang, dan jeruk untuk lahan 508 hektare dan kopi untuk 65 hektare. Selain itu, ada pula peralatan pertanian yakni pompa air, kultivator, dan traktor tangan dengan total 20 unit.

"Terakhir, untuk cash for work telah kami berikan untuk 2.000 KK di 13 titik. Bantuan ini Rp50.000 per KK per hari. Kami bekerja sama dengan RI untuk penyaluran dana ke warga," pungkas Syamsul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper