Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2014 Dinaikkan Oleh Bank Dunia

Bank Dunia menaikkan prediksi pertumbuhan ekonomi global untuk pertama kalinya dalam 3 tahun, karena negara maju mulai mengambil langkah yang dipimpin oleh AS.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, WASHINGTON - Bank Dunia menaikkan prediksi pertumbuhan ekonomi global untuk pertama kalinya dalam 3 tahun, karena negara maju mulai mengambil langkah yang dipimpin oleh AS.

Outlook yang cerah menunjukkan ekonomi dunia akhirnya terbebas dari pemulihan yang lama dan lamban setelah krisis keuangan global.

Lembaga Antikemiskinan Bank Dunia memprediksikan produk domestik bruto global akan berkembang menjadi 3,2% tahun ini, dari 2,4% pada 2013 menurut "Prospek Ekonomi Global."

Dalam perkiraan terakhir bank dunia pada Juni, pihaknya memperkirakan pertumbuhan global akan mencapai 3% pada 2014.

Bank dunia mengatakan ekonomi global telah datang ke sebuah "titik balik" karena penghematan fiskal dan ketidakpastian kebijakan tidak lagi menjadi beban berat pada sebagian besar perekonomian di negara yang lebih kaya.

Bank dunia memperkirakan pertumbuhan kuat di Amerika Serikat pada khususnya, dari 2,8% pada 2014, dari 1,8% pada tahun lalu .

"Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, ada indikasi bahwa pemulihan telah dimulai antara negara-negara berpenghasilan tinggi, yang menunjukkan bahwa mereka sekarang dapat bergabung dengan negara-negara berkembang sebagai mesin kedua pertumbuhan ekonomi global," kata Kepala Ekonom Bank Dunia Kaushik Basu.

Sebaliknya, prediksi pertumbuhan ekonomi di negara berkembang dipangkas menjadi 5,3% dibandingkan dengan prediksi pada Juni 2013 yang mencapai 5,6%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper