Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malam Tahun Baru 2014: TMII Incar 70.000 Pengunjung

Sejumlah pengelola tempat-tempat wisata di ibu kota sudah berancang-ancang menarik pengunjung sebanyak mungkin pada perayaan malam tahun baru 2014, termasuk Taman Mini Indonesia Indah.

Bisnis.com, JAKARTA--Sejumlah pengelola tempat-tempat wisata di ibu kota sudah berancang-ancang menarik pengunjung sebanyak mungkin pada perayaan malam tahun baru 2014, termasuk Taman Mini Indonesia Indah.

Selain akan menggelar panggung musik dangdut, pengelola kawasan wisata  di Jakarta Timur itu juga akan menggelar pesta kembang api. Tak kurang 3.636 tembakan kembang api akan dilepaskan ke udara untuk menghibur para pengunjung.

Untuk itu, pihak pengelola TMII menargetkan 50.000 hingga 70.000 pengunjung memadati areal TMII untuk merayakan pesta pergantian tahun.

Manajer Humas TMII Suryandoro mengatakan, pihaknya akan melakukan beberapa perubahan untuk menggenjot jumlah kedatangan pengunjung.

Terlebih, dari pengalaman tahun sebelumnya, pihaknya gagal memenuhi target 60.000 pengunjung lantaran hanya didatangi 39.000 orang.

"Saat malam Tahun Baru 2014 nanti, kegiatan hiburan dibagi di lima titik," ujarnya seperti dikutip situs Pemprov DKJI Jakarta, Sabtu (28/12/2013).

Untuk musik dangdut, lanjut Suryandoro, akan menampilkan grup dangdut Sagita asal Jawa Timur yang akan ditempatkan di panggung KTT Non Blok dekat Museum Iptek.

Pembagian tempat hiburan di lima titik ini diharapkan bisa menyebar jumlah pengunjung sehingga tidak akan terpusat di satu titik saja. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurai kemacetan di areal TMII.

Adapun pesta kembang api akan dipusatkan di Plaza Arsipel dekat danau TMII.

Sementara perhelatan wayang kulit semalam suntuk akan digelar di pelataran Candi Bentar dengan dalang Ki Puguh Prasetyo.

Setiap anjungan juga akan menyajikan pentas seni dan budaya tradisional sesuai asal daerahnya masing-masing.

Untuk pengamanan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP, TNI dan kepolisian. Setidaknya, akan ada sekitar 500 personel gabungan yang menjaga TMII saat pesta malam pergantian tahun.

"Petugas juga akan melakukan rekayasa lalu lintas, agar kendaraan yang akan menuju TMII tidak mengalami stagnan seperti terjadi pada tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Mulai Januari 2014, pengelola TMII menaikkan harga tiket masuk dari Rp9.000 menjadi Rp10.000 per orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper