Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyakit Paling Mematikan Ini Terus Meningkat, Kenali Sejak Dini

Penyakit kanker, yang merupakan salah satu penyakit mematikan secara tren dari tahun ke tahun mengalami peningkatan jumlah penderitanya. Dari perlbagai jenis kanker, rupanya kanker payudara menduduki posisi tertinggi.

Bisnis.com, BANDUNG - Penyakit kanker, yang merupakan salah satu penyakit mematikan secara tren dari tahun ke tahun mengalami peningkatan jumlah penderitanya. Dari perlbagai jenis kanker, rupanya kanker payudara menduduki posisi tertinggi. Apa saja yang menyebabkan seseorang terkena kanker?

Menurut Rendi Stevian, Senior Product Manager PT Kalbe Farma Tbk, memang tidak mudah untuk mengenali suatu tanda atau gejala hingga dicurigai menderita penyakit kanker.

Menurutnya, kanker pada stadium awal biasanya tidak menimbulkan tanda-tanda yang terlihat secara jelas dan masyarakat awam baru menyadari menderita penyakit kanker apabila sudah berkembang pada tahap berikutnya.

“Kenali awal kanker lewat benjolan pada tubuh,” terang Rendi, di Bandung, Minggu (22/12/2013).

Dia mengatakan penyebab seseorang terserang kanker dipicu beberapa faktor, a.l keturunan, merokok, pola hidup yang salah. Kendati demikian, pihaknya memberikan solusi untuk mencegah terjangkit penyakit kanker dengan menerapkan pola hidup sehat dan olahraga rutin.

“Kanker payudara menduduki posisi teratas karena dipengaruhi hormon. Biasanya pasien mengetahui ada gejala kanker payudara karena ada benjolan di area payudara. Itu kan mudah dilihat. Nah, kanker yang tidak kelihatan ditubuh agak susah dideteksi. Kebiasan pasien akan datang ke dokter jika penyakitnya sudah parah,” terangnya.

Menurutnya, mahalnya obat kanker menyebabkan pasien dari kalangan rakyat kategori miskin tak mampu membeli obat, sehingga membiarkan penyakit kanker menggerogoti tubuhnya yang mengakibatkan kematian.

Ngobatin penyakit kanker itu enggak murah. Kalau ada harga yang lebih terjangkau dengan kualitas baik akan sangat membantu,” terangnya.

Pelayanan pasien kanker di masing-masing daerah, kata Randi, masih minim. Biasanya pasien yang terjangkit kanker akan dirujuk ke rumah sakit yang telah menyediakan peralatan medis khusus penanganan kanker.

“Di Indonesia ini hanya di rumah sakit sentral, seperti Jakarta, Medan, Surabaya. Yang kota pinggiran masih kurang. Artinya pasien yang ingin mendapatkan perawatan ya harus mendapat surat rujukan,” paparnya.

Penyakit Kanker di Indonesia

Kanker Payudara

19,64%

Kanker Serviks

11,7%

Kanker Gastrohepatic

8%

Kanker Lymphoma

6%

Kanker Darah

5%

Data dari Kalbe, diolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper