Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 5 Kunci Kemajuan Indonesia versi Chairul Tanjung

Chairman CT Corp. Chairul Tanjung berbicara 5 kunci kemajuan bagi Indonesia agar bisa berdaya saing dan menjadi negara maju

Bisnis.com, BANDUNG - Chairman CT Corp. Chairul Tanjung berbicara 5 kunci kemajuan bagi Indonesia agar bisa berdaya saing dan menjadi negara maju.

Hal itu disampaikannya dalam orasi ilmiah saat menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Padjadjaran Bandung, hari ini, Kamis (12/12/2013).

Dia menyebutkan kunci yang utama adalah investasi sumber daya manusia agar menjadi pribadi yang sehat jasmani dan rohani, serta terdidik dan terampil.

Kedua, mendorong inovasi dengan membangun budaya riset dan mendapatkan dukungan pemerintah dengan memberikan insentif fiskal.

Ketiga, inovasi itu akan menjadi bermanfaat apabila dilakukan eksekusi, yang membutuhkan kerja keras, displin dan perfectionist.

Keempat, hasil inovasi harus bisa dikomersialisasi agar menghasilkan nilai tambah bagi perekonomian.

Menurutnya, gerakan untuk menumbuhkan kewirausahaan harus digencarkan agar populasi pengusaha semakin besar dari saat ini yang baru sekitar 3%.

Kunci yang kelima dan yang sangat menentukan adalah kepemimpinan yang kuat dan efektif di semua level, baik dari lingkungan korporasi, pemerintah, dan segala bidang kehidupan.

"Pemimpin yang kuat memiliki ciri sebagai inisiator, kreator dan memimpin dengan passion.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper