Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mesir Belum Kondusif, Ujian Seleksi Masuk Al Azhar Ditunda

Kementerian Agama menunda ujian seleksi mahasiswa baru yang akan kuliah di Universitas Al Azhar Mesir hingga ada jaminan keamanan dari KBRI Kairo terkait krisis politik di negara itu.

Bisnis.com, KAIRO--Kementerian Agama menunda ujian seleksi mahasiswa baru yang akan kuliah di Universitas Al Azhar Mesir hingga ada jaminan keamanan dari KBRI Kairo terkait krisis politik di negara itu.

"Kami telah dua kali bertemu dengan Kementerian Agama mengenai percepatan ujian seleksi mahasiswa baru, tetapi pihak Kemag menyatakan seleksi akan diadakan bila ada jaminan Kedutaan Besar Republik Indonesia," kata Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir, Amrizal Batubara, Sabtu (23/11/2013).

Pengumunan PPMI berjudul Laporan Penting Kepada Masisir (mahasiswa Indonesia di Mesir itu berisi tiga butir.

Partama, Kementerian Agama menginginkan ada surat resmi dari KBRI Kairo yang menyatakan Mesir sudah aman dan KBRI bertanggung jawab penuh atas keselamatan seluruh mahasiswa yang lama dan baru.

Kedua, jika KBRI Kairo tidak mengeluarkan surat jaminan keamanan tersebut, Kementerian Agama tidak akan mengadakan ujian seleksi mahasiswa baru ke Mesir.

Ketiga, PPMI Mesir menegaskan dalam pertemuan tersebut bahwa jika Kementerian Agama tidak mengadakan ujian seleksi, ujian akan diadakan pertengahan Desember 2013 tanpa melibatkan Kementerian Agama.

Menurut Amrizal, ujian seleksi tanpa Kementerian Agama itu akan diadakan di Indonesia oleh PPMI bekerja sama dengan Kedutaan Besar Mesir di Jakarta dan (Ikatan Alumni Al Azhar Internasional) Cabang Indonesia pada pertengahan bulan depan.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Fahmy Lukman yang dikonfirmasi Antara di Kairo, Sabtu petang, mengatakan pihaknya belum mengetahui permintaan jaminan keamanan dari Kementerian Agama tersebut.

"Saya tidak tahu hal tersebut. Mengenai ujian seleksi mahasiswa baru dari Indonesia ke Mesir, itu merupakan tanggung jawab Kementerian Agama ang setiap tahun diadakan," kata Fahmy.

Situasi keamanan di Mesir saat ini masih belum stabil benar pasca-penumbangan Presiden Mohamed Moursi pada 3 Juli silam.

Para pengamat menggambarkan situasi keamanan di Mesir sekarang ini sebagai "kondusif-semu" yang ditandai dengan masih berlangsungnya unjuk rasa Ikhwanul Muslimin pro-Moursi.

Berbagai kampus universitas di seantero Mesir termasuk Al Azhar belakangan ini masih dilanda unjuk rasa antara mahasiswa pro dan kontra pemerintah transisi.

Unjuk rasa mahasiswa itu kerap menimbulkan aksi anarkis sehingga aparat keamanan menyerbu dengan tembakan gas air mata untuk membubarkan massa.

Tahun ajaran baru di Mesir seharusnya berlangsung pada September, tetapi sempat ditunda akibat unjuk rasa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper