Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Universitas Mercu Buana Jakarta membentuk komunitas cyber dalam rangka mengantisipasi kenakalan remaja dengan menciptakan karya aneka jenis game online.

Wahyu Hari Haji, Kepala Pusat Universitas Mercu Buana Career and Training Center, mengatakan komunitas cyber menjadi wadah bagi para remaja dan mahasiswa menyalurkan energi dan emosinya secara positif.  

“Emosi remaja yang labil dan tak adanya wadah penyaluran menjadi salah satu penyebab terjadinya kenakalan remaja seperti tawuran,” katanya sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (23/11/2013).

Menurutnya, ide membangun komunikas cyber bermula dari melihat realitas melihat mahasiswa yang kerap bermain game online saat jam istirahat atau usai perkuliahan.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya menggiring remaja dan terutama para mahasiswa untuk beradu karya dalam menciptakan game online yang dapat dinikmati semua pihak.

Apalagi sekarang alat komunikasi mereka banyak diisi fitur game online sehingga kreatifitas membuatan fitur tersebut dapat menjadi lahan bisnis yang menjanjikan keuntungan cukup besar.

Sementara itu Yuswantoro dari Cyber Media College, mengatakan, pertumbuhan game online dalam lima tahun terakhir ini mengalami peningkatan mencapai 30%, yang belum diimbangi oleh industri pembuatannya.

“Akibatnya, banyak game online muncul dari luar negeri. Padahal, game online itu adalah permainan yang setiap harinya di jumpai oleh masyarakat namun diubah dalam bentuk digital,” ujarnya.

Wakil Rektor Universitas Mercu Buana, Dhana Sentosa mengharapkan komunitas cyber dapat menampung semua mahasiswa tanpa membedakan jurusannya.

“Targetnya adalah mampu melahirkan karya yang dapat dipamerkan atau kembangkan. Universitas Mercu Buana siap membantu mengembangkan karya setiap mahasiswa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper