Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi & JK Punya Strategi Komunikasi Politik Terbaik

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan mantan Wapres Jusuf Kalla menempati peringkat tertinggi dalam riset pelaku strategi komunikasi politik terbaik versi Lembaga Demokrasi Bertanggung Jawab (LDB).
JK/Bisnis.com
JK/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan mantan Wapres Jusuf Kalla menempati peringkat tertinggi dalam riset pelaku strategi komunikasi politik terbaik versi Lembaga Demokrasi Bertanggung Jawab (LDB).

Direktur Eksekutif LDB, Tjipta Lesmana, dalam sebuah hasil riset berjudul “Siapa Capres yang Berkomunikasi Paling Bagus?” menyebutkan penelitian yang dia lakukan tidak terkait dengan siapa yang paling berpeluang untuk memenangkan persaingan capres 2014.

Riset itu hanya meneliti 11 nama bakal capres yang selama ini beredar di ruang publik mulai dari Jokowi hingga capres Konvensi Partai Demokrat Pramono Edhie wibowo.

“Masalah yang diteliti hanya dibatasi pada kualitas komunuikasi politik 11 sosok bakal capres yang disebut-sebut di ruang publik. Jadi, ini tidak terkait dengan capres paling populer atau paling dipilih,” ujarnya saat menyampaikan hasil risetnya di Gedung DPR, Rabu (6/11/2013).

Selain Tjipta turut hadir dalam pemaparan itu Anggota DPR Tubagus Hasanuddin, Pengamat Politik Gun Gun Heryanto dan Pengamat Komunikasi Politik Victor Silaen.

Dengan menggunakan enam aspek indikator, penelitian itu berlangsung 1 September sampai 25 Oktober 2013. Aspek tersebut antara lain bahasa non-verbal, pesan, penampilan dan daya humor.

Berikut peringkat pelaku strategi komunikasi politik terbaik versi Lembaga Demokrasi Betanggungjawab (LDB).

1. Jokowi
2. Jusuf Kalla
3. Prabowo subianto
4. Anis Baswedan
5. Suryo Paloh
6. Gita Wirjawan
7. Aburizal Bakrie
8. Wiranto
9. Dahlan Iskan
10. Megawati Soekarnoputri
11. Pramono Edhie

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper