Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara SSK II Pekanbaru Jadi Embarkasi Haji 2015

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diperkirakan siap menjadi bandara pemberangkatan jamaah haji (embarkasi) pada 2015
/Antara
/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diperkirakan siap menjadi bandara pemberangkatan jamaah haji (embarkasi) pada 2015.

Hal ini dimungkinkan seiring dengan akan diperpanjangnya runway bandara menjadi 3.000 meter.

Perpanjangan runway ini adalah syarat yang harus dilakukan agar pesawat berbadan besar pengangkut jemaah haji bisa mendarat.

Anggono Raras, General Manager Bandara SSK II, mengatakan panjang runway bandara SSK II saat ini adalah 2.240 meter.

"Tergantung panjang runway menjadi 3.000 meter. Saat ini panjangnya 2.240 meter, tahap awal menjadi 2.600 meter," ujarnya kepada Bisnis di Pekanbaru, Minggu (27/10/2013).

Secara terpisah, anggota DPRD Riau Azis Zainal seperti dikutip dari website resmi Pemprov Riau mengatakan saat ini berbagai persiapan terus dilakukan untuk menjadikan bandara SSK II jadi embarkasi haji.

"Pengerjaan persiapan bandara ini akan menggunakan dana APBN dan dana dari Angkasa Pura II [selaku pengelola Bandara SSK II]," ujarnya tanpa menyebut secara rinci berapa total anggaran dananya.

Di sisi lain, Kementerian Agama juga dikabarkan tengah menyiapkan pembangunan asrama haji yang akan dijadikan sebagai tempat penampungan jemaah calon haji yang akan diberangkatkan.

Menurut rencana, pembangunan asrama haji akan dilakukan setelah perpanjangan runway bandara selesai dikerjakan. Lahan untuk asrama haji ini sudah tersedia dan tinggal dibangun.

Selama ini akibat pendeknya runway, jemaah haji asal Riau terpaksa harus ke embarkasi Batam dengan menggunakan maskapai penerbangan, sehingga perlu biaya tambahan transportasi yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper