Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ayah Snowden Tiba di Moskwa Mencari Anaknya

Bisnis.com, MOSKWA--Ayah Edward Snowden, Lon Snowden, tiba di Moskwa pada Kamis (10/10/2013) guna bertemu dengan anaknya untuk pertama kali sejak mantan kontraktor badan intelejen Amerika Serikat tersebut menjadi pelarian karena membocorkan sejumlah

Bisnis.com, MOSKWA--Ayah Edward Snowden, Lon Snowden, tiba di Moskwa pada Kamis (10/10/2013) guna bertemu dengan anaknya untuk pertama kali sejak mantan kontraktor badan intelejen Amerika Serikat tersebut menjadi pelarian karena membocorkan sejumlah program spionase rahasia.

Setelah tiba di Moskwa, Lon Snowden kemudian berbicara dengan para wartawan di bandar udara Sheremetyevo, tempat anaknya menghabiskan lebih dari satu bulan sebelum Rusia memberi suaka sementara pada Agustus.

Lon Snowden mengakui belum tahu di mana tempat tinggal anaknya.

"Tidak tepat bagi saya untuk menceritakan secara rinci rencana saya untuk bertemu dengan Edward.  Saya di sini untuk mengetahui bagaimana kondisi anak saya. Selain itu, saya ingin mendiskusikan pilihan hukum yang dapat diambil," kata dia.

Snowden senior bertemu dengan pengacara anaknya Anatoly Kuchurena, seorang tokoh pro-Kremlin yang mempunyai koneksi kuat di beberapa badan keamanan.

Kuchurena adalah satu-satunya sumber informasi mengenai kehidupan Edward Snowden pada beberapa bulan terakhir, tulis AFP..

Kuchurena mengatakan bahwa Snowden masih tinggal di tempat yang dirahasiakan kerena khawatir dilacak oleh Amerika Serikat dan bergantung pada uang pemberian sejumlah lembaga bantuan.

Meski demikian, Snowden junior telah mendapatkan sejumlah tawaran pekerjaan dan mungkin akan mengambil kesempatan tersebut dalam beberapa waktu dekat ini.

Lon Snowden sendiri mengaku tidak pernah berkomunikasi langsung dengan anaknya dalam beberapa bulan terakhir.

"Saya betul-betul tidak mengerti apa niatnya membocorkan program rahasia Amerika Serikat," kata Lon Snowden.

"Saya tidak yakin anak saya akan kembali ke Amerika Serikat atau tidak. Itu adalah sepenuhnya keputusan dia sebagai orang yang sudah dewasa," kata Snowden senior.

"Saya sangat berterimakasih anak saya berada dalam kondisi yang aman dan bebas di Rusia," kata veteran Penjaga Pantai Amerika Serikat tersebut yang yakin bahwa Edward Snowden adalah seorang whistleblower dan bukan merupakan kriminal.

Sebelumnya pada Juli lalu, Lon Snowden mengatakan bahwa dia didekati oleh FB untuk terbang ke Rusia dan membujuk anaknya kembali ke AS.

Namun dia menolak karena tidak yakin dapat berkomunikasi langsung dengan Edward Snowden. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper