Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Haji 2013, Sebanyak 10 Orang Calhaj Wafat. Ini Daftarnya

Bisnis.com, MADINAH - Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Rabu (25/9/2013), merilis data sampai 16 hari pelaksanaan haji di Arab Saudi tercatat 10 calon haji Indonesia telah meninggal dunia akibat sakit.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 26 September 2013  |  09:04 WIB
Haji 2013, Sebanyak 10 Orang Calhaj Wafat. Ini Daftarnya

Bisnis.com, MADINAH - Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Rabu (25/9/2013), merilis data sampai 16 hari pelaksanaan haji di Arab Saudi tercatat 10 calon haji Indonesia telah meninggal dunia akibat sakit.

Kepala Seksi Pelayanan Siskohat Asep SA menjelaskan 10 calon haji itu terbagi atas 6 orang jamaah wafat di Madinah, 3 orang meninggal dunia di Makkah, dan 1 orang di Jeddah.

Empat dari mereka berasal dari embarkasi Solo (SOC) yaitu Nasir Bin Sagrib (SOC/3), Amin Bin Dolah Nduri (SOC/06), Abdurrahman Bin Marhad (SOC/2), dan Kimin Bin Ahmad Sujak (SOC/15). Dua yang pertama wafat di Madinah, sedang dua yang terakhir wafat di Makkah.

Jamaah lainnya yang juga wafat di Madinah adalah Amaq Sapoan Bin Aq. Sapar (LOP/5), Asmawati Binti H. Asmawi (JKG/4), Rotena Binti Malik (PLM/1), dan Icih Bachriyah Binti Bachrudin (JKG/19).

Sementara, calon haji yang wafat di Makkah adalah Gozali Tusi Bin H. Abd Rahman dari kloter 8 Jakarta dan satu yang wafat di Jeddah bernama M. Arifin Bin Hape dari kloter 15 embarkasi Makassar.

Sebelumnya, Kepala BPHI Madinah dr Suharto SpPD mengungkap sebagian besar kematian jemaah haji Indonesia di Daerah Kerja Madinah disebabkan karena penyakit jantung.

"Kebanyakan sebab kematian jemaah karena riwayat jantung," katanya. Dia mengungkapkan, tiga kasus kematian lainnya disebabkan karena kasus infeksi seperti paru dan TBC.

Dia menyarankan agar jemaah yang mempunyai riwayat jantung dan infeksi berat agar menjaga kondisi tubuhnya dan tidak memaksakan diri untuk beribadah jika kondisi tubuh tidak memungkinkan.

"Faktor usia dan cuaca panas di sini membuat kondisi fisik cepat anjlok," katanya.

Berdasarkan data di BPHI Madinah, sampai hari Selasa secara kumulatif tercatat ada 116 orang jamaah yang mendapat rawat jalan di BPIH Madinah dan 49 orang jamaah di antaranya dirujuk di RS Arab Saudi.

"Ada juga rawat jalan di tingkat kloter yang jumlahnya tercatat ada 21.590 orang. Mereka terus dimonitor dokter kloternya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji wafat makkah madinah

Sumber : Newswire

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top