Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konvensi Capres Demokrat, Jembatan Buat Figur Ambisius

Bisnis.com, JAKARTA--Konvensi Partai Demokrat yang memasuki tahap pengumuman anggota komite akan menjembatani figur-figur yang berambisi menjadi calon presiden tapi tidak memiliki gerbong politik."Konvensi itu akan menjadi tempat bagi figur yang berambisi

Bisnis.com, JAKARTA--Konvensi Partai Demokrat yang memasuki tahap pengumuman anggota komite akan menjembatani figur-figur yang berambisi menjadi calon presiden tapi tidak memiliki gerbong politik.

"Konvensi itu akan menjadi tempat bagi figur yang berambisi 'nyapres' tapi tidak memiliki partai politik," kata Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia Budiatna saat dihubungi di Jakarta, Senin (12/8/2013).

Beberapa figur tanpa partai yang dicontohkannya seperti Dahlan Iskan, Mahfud MD dan Jusuf Kalla.

"Demokrat tidak memiliki figur berdaya jual tinggi setelah SBY tidak dapat mencalonkan diri sebagai presiden karena konstitusi tidak membolehkannya,"  tegas Budiatna.

Khusus untuk Jusuf Kalla, sebelumnya dia sempat menolak turut serta dalam konvensi itu karena mantan wakil presiden tersebut menganggap ajang pencarian capres Partai Demokrat bersifat kecil-kecilan layaknya audisi.

Meski begitu, pada Minggu (11/8) Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik mengatakan pihaknya telah mengantongi sepuluh nama figur dari 12 yang direncanakan untuk berkompetisi dalam konvensi.

Menteri ESDM itu menolak menyebut nama-nama figur yang menyatakan tertarik ikut kompetisi dalam bursa capres dari PD.

Selain itu, Jero mengatakan PD membutuhkan paling tidak satu orang perserta perempuan untuk bertarung dalam konvensi partai berkuasa tersebut.

Setidaknya ada dua kuota lowong tentang peserta konvensi yang belum masuk daftar kontestan karena baru sepuluh orang yang tertarik.

Meski telah menyebut sepuluh orang yang kemungkinan turut serta, Jero menolak menyebut daftar nama-nama itu karena alasan enggan menyalahi aturan partai.

"Nanti akan ada waktunya untuk pengumuman nama-nama peserta konvensi," kata Jero Wacik pada Minggu (11/8). (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper