Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mudik Gratis Tekan Penumpang Bus di Pulogadung

Bisnis.com, JAKARTA - Maraknya kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan sejumlah pihak ditengarai menjadi penyebab merosotnya jumlah pemudik menggunakan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 10 Agustus 2013  |  16:09 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Maraknya kegiatan mudik gratis yang diselenggarakan sejumlah pihak ditengarai menjadi penyebab merosotnya jumlah pemudik menggunakan bus di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur.

Berdasarkan data UPT Terminal Pulogadung, puncak arus mudik di terminal itu jatuh pada empat hari sebelum Lebaran (H-4) atau Minggu (4/8). Jumlah penumpang mencapai 4.505 orang yang berangkat dengan 173 bus pada saat itu.

Jumlah itu meluncur 110% dibandingkan dengan 9.499 penumpang pada puncak arus mudik tahun lalu di Pulogadung yang terjadi pada 16 Agustus. Sebanyak 269 bus berbagai jurusan mengangkut penumpang pada puncak mudik 2012.

Adji Kusambarto, Pelaksana Harian Kepala Terminal Pulogadung, mengatakan merosotnya jumlah penumpang itu diperkirakan karena banyaknya acara mudik gratis. “Ada mudik gratis, jumlah penumpang bus jadi turun,” kata Adji kepada Bisnis di ruang kerjanya, Sabtu (10/8/2013).

Seperti diketahui, sejumlah pihak seperti korporasi, partai politik, komunitas, bank serta pemerintah menyelenggarakan acara mudik ke sejumlah tempat tanpa memungut biaya tiket ke pemudik. Satu penyelenggara mudik gratis bahkan dapat memberangkatkan hingga belasan ribu penumpang.

Menurunnya penumpang bus di Pulogadung itu sempat menimbulkan penumpukan bus pada hari-hari sebelum Lebaran. Hal itu disebabkan banyaknya armada bus yang disiapkan namun keberadaan calon penumpang minim.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mudik Arus Balik Info Mudik terminal pulogadung
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top