Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WVI Ingin Tingkatkan Sadar Pendidikan di Halmahera

Bisnis.com, HALMAHERA--- Wahana Visi Indonesia (WVI) mendorong masyarakat Halmahera Utara untuk giat menyekolahkan anak mereka.WVI yang merupakan organisasi kemanusiaan mitra World Vision. berupaya mengubah pola pikir masyarakat di Halmahera Utara yang

Bisnis.com, HALMAHERA--- Wahana Visi Indonesia (WVI) mendorong masyarakat Halmahera Utara untuk giat menyekolahkan anak mereka.

WVI yang merupakan organisasi kemanusiaan mitra World Vision. berupaya mengubah pola pikir masyarakat di Halmahera Utara yang diantaranya ada yang belum peduli pentingnya pendidikan bagi anak.

Potensi alam di bidang pertanian terutama kelapa yang dijadikan kopra,  dan potensi ikan  di Halmahera Utara salah satunya menjadikan alasan masyarakat di kabupaten yang ada di provinsi Maluku Utara itu merasa telah tercukupi.

"Bagaimana [caranya agar] pola pikir berubah, sehingga tidak memikirkan [hanya kebutuhan] sekarang," kata Erni Damanik, Manajer WVI Kantor Operasional Halmahera Utara di Desa Birinoa, Kecamatan Tobelo Barat, Kabupaten Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara Rabu (24/7/2013).

Seperti halnya  SDN Birinoa, Desa Birinoa, Kecamatan Tobelo Barat dari sekitar 100 anak di desa tersebut yang mestinya belajar di sekolah dasar itu, muridnya saat ini hanya 62 orang dengan guru sebanyak.  11 orang, dan 2 orang diantaranya adalah guru honor.

WVI mengatakan pada tahuin 2008 terdata  persentase putus sekolah di Halmahera Utara yang mempunyai 196 desa sebesar 31%  dari jumlah anak usia sekolah.

Dari anak putus sekolah tersebut, perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki.  Yaitu 47% anak laki-laki yang putus sekolah dan 52% perempuan.

Hampir 100% anak usia sekolah dasar bersekolah, tapi kemudian menjadI 67,7% yang bersekolah di SMP, dan yang lanjut Ke SMA 44%.

Di samping kesadaran pentingnya pendidikan, WVI juga menggeliatkan gerakan menabung.

Dengan giat menabung, ujar Erni, berarti mengajarkan anak sejak dini memikirkan kehidupan jangka panjang. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper