Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WVI Dorong Masyarakat Halmahera Tak Hanya Bergantung Kopra

Bisnis.com, Halmahera-- Wahana Visi Indonesia (WVI)  akan terus mendorong keberhasilan kelompok tani binaan di wilayah Halmahera Utara,  Maluku Utara, guna mewujudkan perekonomian keluarga yang mapan dan akhirnya menjamin terpenuhinya kebutuhan

Bisnis.com, Halmahera-- Wahana Visi Indonesia (WVI)  akan terus mendorong keberhasilan kelompok tani binaan di wilayah Halmahera Utara,  Maluku Utara, guna mewujudkan perekonomian keluarga yang mapan dan akhirnya menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar anak.

Saat ini ada 19 kelompok tani yang didampingi WVI. Seperti diketahui Wahana Visi Indonesia mendampingi masyarakat di 33 desa yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara. Halmahera Utara sendiri memiliki 196 desa.

"Kami berharap kelompok tani  bisa memberi efek di suatu tempat. Tujuan utama pengembangan ekonomi keluarga," kata Erni Damanik, Manajer WVI Kantor Operasional Halmahera Utara, di Desa Limau, Kecamatan Galela Utara, Halmahera Utara, Maluku Utara hari ini, Selasa (23/7/2013).

Erni mengatakan  WVI mendorong terciptanya kelompok tani andalan melalui pengembangan ekonomi keluarga sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasar keluarga mereka, yaitu di bidang kesehatan, pendidikan, dan makanan bergizi.

Kelompok tani ditingkatkan kemampuannya, sehingga tidak hanya bergantung lagi pada hasil pertanian utama di Halmahera Utara yaitu kopra. Dengan mendapatkan hasil panen selain kopra, seperti kacang, jagung, sehingga keluarga mendapatkan alternatif tambahan penghasilan.

Apalagi kelapa untuk kopra dipanen setiap 3-4 bulan sekali. Di samping harga kopra yang tengah turun, yaitu Rp1.200 per kg. Sebeluimnya harga kopra pernah mencapai Rp10.000 per kg.

"Kami juga mengajarkan cara menabung," kata Erni.

WVI mengharapkan kelompok tani yang sukses bisa menjadi penggerak di desanya. WVII merupakan mitra World Vision, dan merupakan  organisasi kemanusiaan yang memberikan fokus perhatian pada anak. (ltc).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper