Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Obama Bantu Persenjataan kepada Oposisi Suriah

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan persenjataan kepada oposisi Suriah dalam menghadapi serangan dari tentara loyalis Presiden Bashar Al-Assad.Penegasan tersebut diungkapkan Obama saat melakukan

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan persenjataan kepada oposisi Suriah dalam menghadapi serangan dari tentara loyalis Presiden Bashar Al-Assad.

Penegasan tersebut diungkapkan Obama saat melakukan pembicaraan telepon dengan Raja Arab Saudi King Abdullah membahas krisis politik dan keamanan di kawasan Timur Tengah dan perang saudara di Suriah serta pristiwa penggulingan Presiden Mesir Mohamed Moursi.

"Presiden [Obama] menekankan Amerika Serikat berkomitmen untuk memberikan dukungan [persenjataan] kepada Koalisi Oposisi Suriah dalam menahan serangan militer dari Tentara Suriah," ungkap sebuah pernyataan dari Gedung Putih seperti dilansir Reuters hari ini, Sabtu (13/7/2013).

Kendati demikian, hingga saat ini belum satupun senjata Amerika Serikat yang telah disalurkan kepada pihak oposisi Suriah lantaran terbentur perdebatan di tingkat kongres negara adidaya itu terkait rencana bantuan persenjataan ringan tersebut.

Beberapa anggota kongres mengungkapkan kekhawatirannya jika persenjataan yang bakal dikirim tersebut justru jatuh di tangan gerilyawan muslim yang justru bakal memperburuk situasi di Suriah maupun Timur Tengah secara menyeluruh.

Sementara terkait peristiwa yang terjadi di Mesir, lanjut pernytaan Gedung Putih, Presiden Obama menyatakan keprihatinan seiring dengan serangkaian kekerasan yang pecah setelah militer mengambil alih kekuasaan.

Obama menekankan keinginannya untuk proses politik inklusif yang akan memungkinkan awal kembali ke pemerintahan sipil yang terpilih secara demokratis di Mesir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper