Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PBB Bilang Rakyat Mesir Sudah 'Frustasi Mendalam'

BISNIS.COM, NEW YORK--Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon memahami rakyat Mesir memiliki "frustrasi yang mendalam" tetapi   menyatakan keprihatinan atas pengusiran militer terhadap presiden Mohammad Mursi.Ban percaya

BISNIS.COM, NEW YORK--Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon memahami rakyat Mesir memiliki "frustrasi yang mendalam" tetapi   menyatakan keprihatinan atas pengusiran militer terhadap presiden Mohammad Mursi.

Ban percaya bahwa "campur tangan militer dalam urusan negara manapun adalah memprihatinkan," kata Wakil Juru Bicara PBB Eduardo del Buey, Kamis (4/7/2013)

Laporan-laporan dari Kairo mengatakan, presiden Mesir Mohammad Moursi yang digulingkan ditahan di satu fasilitas militer bersama dengan para pembantu utamanya setelah Angkatan Bersenjata Mesir mengumumkan penggulingannya, kata seorang anggota senior Ikhwanul Muslimin Kamis.

"Moursi dan seluruh tim kepresidenan berada dalam tahanan rumah di Klab Garda Republik Kepresidenan," kata Gehad El-Haddad, seorang putera satu pembantu tinggi Moursi.

Seorang juru bicara militer tidak menanggapi permintaan untuk konfirmasi penahanan Moursi, dan belum segera jelas apakah presiden yang digulingkan itu kemudian akan diperbolehkan meninggalkan tempat tersebut.

Para pembantunya utamanya telah mematikan telepon mereka. Para pembantu presiden yang lain yang terpisah dari Moursi sebelumnya Rabu mengatakan mereka telah kehilangan komunikasi dengan para pemimpin mereka.

Moursi sebelumnya berada di kantornya di markas garda tersebut sebelum ia dilengserkan.

Beberapa jam setelah militer mengumumkan pihaknya membatalkan konstitusi dan akan mengangkat ketua mahkamah Mesir sebagai presiden sementara, dan Moursi mengeluarkan seruan pembangkangan dalam satu pidato yang telah direkam dan kemudian disiarkan di televisi Al-Jazeera.

Sementara itu Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan dia menyatakan "keprihatinan yang mendalam" atas penggulingan Presiden Mohammad Moursi oleh militer Mesir pada Rabu dan mendesak kembalinya dengan cepat ke pemerintahan sipil melalui pemilihan umum.

Obama juga mengatakan dia telah memerintahkan peninjauan ulang implikasi hukum bagi bantuan AS kepada Mesir di tengah-tengah penggulingan pemimpin pertama yang terpilih secara demokratis di negara Arab itu.

"Kami yakin masa depan Mesir hanya dapat ditentukan oleh rakyat Mesir," kata Obama dalam satu pernyataan setelah sidang yang cukup berlangsung lama di Gedung Putih dengan para anggota senior dari tim keamanan nasionalnya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper