Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONFLIK SURIAH : AS Sebut Perlu Solusi Politik

BISNIS.COM, WASHINGTON—Kementerian Luar Negeri AS menyatakan penggunaan senjata kimia oleh angkatan bersenjata Suriah dan keterlibatan gerilyawan Hizbullah menunjukkan kurangnya komitmen Presiden Bashar al-Assad untuk bernegosiasi dan mengancam

BISNIS.COM, WASHINGTON—Kementerian Luar Negeri AS menyatakan penggunaan senjata kimia oleh angkatan bersenjata Suriah dan keterlibatan gerilyawan Hizbullah menunjukkan kurangnya komitmen Presiden Bashar al-Assad untuk bernegosiasi dan mengancam penyelesaian politik keluar dari jangkauan.

Kementerian Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan tersebut setelah Menteri Luar Negeri John Kerry berbicara dengan Menteri Luar Negeri Irak.

"Menteri menegaskan kembali bahwa AS terus bekerja secara agresif untuk solusi penyelesaian politik dengan tujuan pertemuan konferensi Jenewa kedua, tetapi penggunaan senjata kimia dan meningkatnya keterlibatan Hizbullah menunjukkan kurangnya komitmen rezim [Assad] dalam bernegosiasi dan mengancam penyelesain solusi politik," tegasnya, Jumat (15/6/2013).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menegaskan setiap upaya untuk menegakkan zona larangan terbang di atas Suriah dengan menggunakan pesawat tempur F16 dan rudal Pratiot dari Jordania akan melanggar hukum internasional.

Rusia, yang telah melindungi Presiden Bashar al-Assad dari tiga resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB atas upaya penekanan pengakhiran kekerasan, dengan tegas menentang intervensi campur tangan militer asing dalam konflik Suriah.

"Ada kebocoran dari media Barat berkaitan dengan pertimbangan serius untuk menciptakan zona larangan terbang di atas Suriah melalui penyebaran rudal anti pesawat Patriot dan jet F16 di Jordania," tegas Sergei.

"Anda tidak harus menjadi pakar yang hebat untuk memahami bahwa hal seperti ini melanggar hukum internasional," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Winda Rahmawati
Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper