Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELANTIKAN KAPOLDA BARU: Kapolri Tekankan 6 Poin Penting

BISNIS.COM, JAKARTA—Mabes Polri menginstruksikan enam poin penting kepada 11 Kapolda yang baru dilantik untuk dilaksanakan
Winda Rahmawati
Winda Rahmawati - Bisnis.com 12 Juni 2013  |  10:19 WIB
PELANTIKAN KAPOLDA BARU: Kapolri Tekankan 6 Poin Penting
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Mabes Polri menginstruksikan enam poin penting kepada 11 Kapolda yang baru dilantik untuk dilaksanakan

Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan pelantikan para Kapolda baru juga mencakup pejabat yang sudah pensiun dari angkatan 78, yang memang disiapkan untuk melaksanakan tugas khusus, dan yang dipersiapkan untuk mengamankan Pemilu 2014.

“Ada 6 hal yang penting yang saya sampaikan kepada Kapolda [baru] yang ada di wilayah,” ujarnya seusai menggelar pelantikan dan sertijab Kapolda baru di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu (12/6/2013).

Keenam poin  tersebut adalah masalah korupsi, konflik sosial, narkotika, dan terorisme.

Selanjutnya  pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kompetensi dan pendidikan dan pelaksanaan Pemilu 2014 yang aman.

Menurut Kapolri, korupsi memang menjadi tugas yang harus direncakan dengan baik oleh Kapolda dan harus bekerja sama dengan Jaksa bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Intinya, apa yang kaitannya dengan masalah korupsi, kekayaan negara menjadi tanggung jawab [tugas institusi] yang saya sebutkan tadi,” tuturnya.

Selanjutnya, dia menegaskan konflik sosial yang berkaitan dengan masalah perkebunan dan pertanahan harus diselesikan dengan instansi terkait agar tidak terus menjadi masalah pelanggaran hukum.

Sementara terkait narkotika yang hampir menjangkiti seluruh wilayah di Indonesia, Timur memperingatkan kepada semua Kapolda baru untuk bisa menyelesaikan masalah narkotika di wilayah masing-masin dan melakukan penegakan hukum.

“Semuanya itu [enam hal di atas] penting semua, karena merupakan hal-hal yang menjadi target untuk menyelesaikan [permasalahan di Tanah Air],” tegasnya.

Selain itu, Kapolri mengaku sudah menandai beberapa titik wilayah yang diduga rawan akan menjadi konflik horizontal menjelang Pemilu 2014. Namun, dia tidak memerinci wilayah mana saja yang sudah ditandai tersebut.

“Sekali lagi, [ada] bagian yang memang direncakan 2013 sehingga dalam rapat pimpinan polri kemarin pengamanan untuk Pemilu 2014 nanti dengan segala macam dinamika,” bebernya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapolri timur pradopo sertijab kapolda baru
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top