Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MAHFUD MD: TK Politisi Sayang Pada Generasi Muda

BISNIS.COM, MEDAN - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2013 Muhammad Mahfud MD mengungkapkan kenangannya bersama mendiang Ketua MPR Taufiq Kiemas.Taufiq Kiemas menghembuskan nafas terakhirnya di Singapura tepat pukul 19.05 waktu Singapura

BISNIS.COM, MEDAN - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Periode 2008-2013 Muhammad Mahfud MD mengungkapkan kenangannya bersama mendiang Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Taufiq Kiemas menghembuskan nafas terakhirnya di Singapura tepat pukul 19.05 waktu Singapura atau pukul 18.05 WIB. Diperkirakan Minggu pagi, jenazah Taufiq Kiemas akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Melalui akun Twitternya, Mahfud MD mengatakan bahwa Taufiq Kiemas adalah sosok politisi yang sangat menyayangi generasi muda. Tidak jarang TK -sapaan akrab Taufiq Kiemas- menasehati anak-anak muda tanpa terkesan menggurui.

"TK selalu menasehati tokoh-tokoh muda tanpa tendensi menggurui. Fokusnya satu : jaga dan rawatlah keutuhan negara yang begitu besar, kaya dan indah ini," kicau @mohmahfudmd, Sabtu (8/6/2013).

Guru Besar Universitas Islam Indonesia Yogyakarta ini mengisahkan bahwa TK mempelopori pertemuan rutin ketua lembaga negara dengan maksud agar rakyat bisa melihat pemimpinnya rukun. TK adalah sosok yang sangat nasionalis dan santun.

TK itu, sambungnya, merupakan sosok penggila nasionalisme. Apapun dilakukan untuk menguatkan "kebersatuan dalam keberbedaan" Indonesia agar kuat sebagai bangsa dan negara.

Dia menambahkan, sosok TK adalah tokoh politik yang dapat menjembatani antar aliran politik. Sehingga dia dapat diterima sebagai jangkar pemersatu. TK sangat menyayangi generasi muda.

"Ketika saya menjadi Menteri Pertahanan dan belum ada larangan gratifikasi, TK sering mengirim jas dan dasi-dasi. Dia bilang : Dik dipakai ya, biar Menhan saya gagah," ujarnya mengisahkan.

Pada bulan Ramadhan lalu, imbuhnya, Ketua Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) ini didaulat oleh TK untuk berceramah dalam acara '4 Pilar dalam Tinjauan Islam'. Acara tersebut digelar dihadapan pimpinan lembaga-lembaga negara saat berbuka bersama.

"Pak TK itu sering menelepon saya meski hanya sekedar untuk 'say hallo' dan menyemangati. Dia hadir saat peluncuran buku Sahabat Bicara Mahfud MD," paparnya.

 

BACA JUGA:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper