Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GITAR BASS JOKOWI: Dianggap Gratifikasi, Akhirnya Disita Negara

BISNIS.COM, JAKARTA--Gitar bass milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pemberian personel grup band heavy metal Metallica, Robert Trujillo, akhirnya dinyatakan sebagai milik negara. Rupanya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai pemberian

BISNIS.COM, JAKARTA--Gitar bass milik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pemberian personel grup band heavy metal Metallica, Robert Trujillo, akhirnya dinyatakan sebagai milik negara.

Rupanya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai pemberian tersebut sebagai bentuk gratifikasi.

Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap gitar, pemberian tersebut dinilai sebagai gratifikasi.

"Gitarnya sih milik negara. Jadi itu pemberian terkait jabatan yang diberikan oleh Jonathan Liu sebagai promotor," katanya seperti dikutip situs resmi Pemprov DKI Jakarta (BeritaJakarta.com) Selasa (28/5/2013).

Pihaknya menilai, Jonathan Liu yang berinisiatif untuk meminta gitar yang ditandatangani oleh Robert Trujillo.

Selain itu, terdapat tulisan giving back di gitar berwarna merah marun tersebut.

Menurut Giri, kalimat tersebut ditulis dengan tinta yang berbeda dengan tanda tangan Robert Trujillo.

"Jadi ada unsur kepentingan. Satu hal yang paling penting karena gitar itu, ada tulisan `giving back`, dalam bahasa Indonesia bisa diartikan minta timbal jasa. Dan tulisan itu berbeda dengan tulisan yang lain, seperti dengan tanda tangan Trujillo dan itu orang lain yang tulis. Orang lain yang nambahin," jelasnya.

Ada dua kemungkinan yang akan dilakukan terhadap gitar tersebut, yakni gitar akan dilelang sehingga Jokowi sebagai penerima bisa memiliki kembali gitar tersebut.

Namun jika dilelang harga gitar akan lebih mahal. Kemungkinan kedua, gitar akan diletakkan di museum agar masyarakat bisa melihatnya.

Nanti kemungkinan ada dua hal, pertama dilelang kita serahkan ke Kementerian Keuangan untuk dilelang. Jokowi bisa memilikinya lagi.

"Kedua kelihatannya kami dalam posisi hampir sepakat, gitar itu diletakkan di tempat yang orang bisa belajar semuanya, seperti di museum."

Sementara foto Trujillo yang sedang memegang gitar yang juga diberikan ke Jokowi, tidak akan disita. Karena foto dianggap bukan sebagai benda material, sehingga dikembalikan.

Benda pemberian yang akan disita yakni jika benda material dengan harga diatas Rp300.000.

Seperti diketahui Jokowi mendapatkan hadiah sebuah gitar berwarna merah marun dari Metallica, Robert Trujillo.

Gitar juga dilengkapi dengan tandatangan Trujillo dan bertuliskan Giving back to Jokowi, keep playing that cool, funky bass.  (ra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper