Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLANET MARS Dihujani 200 Asteroid per Tahun. Bumi?

BISNIS.COM, WASHINGTON--Para ilmuwan yang bergabung di NASA baru-baru ini menyimpulkan intensitas hujan asteroid yang dialami planet terdekat Bumi, Mars.Para ilmuwan telah memperkirakan Planet Mars dibombardir oleh lebih dari 200 asteroid kecil atau

BISNIS.COM, WASHINGTON--Para ilmuwan yang bergabung di NASA baru-baru ini menyimpulkan intensitas hujan asteroid yang dialami planet terdekat Bumi, Mars.

Para ilmuwan telah memperkirakan Planet Mars dibombardir oleh lebih dari 200 asteroid kecil atau potongan komet per tahun.

Karena itu terbentuklah kawah dengan ukuran paling kecil berdiameter 3,9 meter, kata badan antariksa AS, NASA, Rabu (15/5/2013).

Asteroid atau pecahan komet itu, katanya, pada dasarnya berdiameter tak lebih dari satu sampai dua meter, terlalu kecil untuk sampai ke Bumi.

Batu antariksa tersebut menciptakan kawah di Mars sebab Planet Merah itu memiliki atmosfir yang jauh lebih tipis dibandingkan dengan atmosfir Bumi.

"Menarik untuk menemukan kawah baru ini tak lama setelah terbentuk," kata Ingrid Daubar dari University of Arizona, Tucson, penulis utama dokumen yang diterbitkan di jurnal Icarus, edisi daring.

"Itu mengingatkan kita bahwa Mars adalah planet yang aktif, dan kami dapat mempelajari proses yang terjadi hari ini."

Menurut NASA, para peneliti telah mengidentifikasi 248 lokasi dampak baru di beberapa bagian permukaan Planet Mars selama satu dasawarsa terakhir.

Dengan mengunakan citra dari Mars Reconnaissance Orbiter untuk memastikan kapan kawah tersebut terbentuk, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi.

Perkiraan sebanyak 200 batu antariksa per tahun di seluruh planet itu adalah perhitungan yang dilandasi atas jumlah yang ditemukan dalam survei sistematis satu bagian planet itu, katanya.

Ditambahkannya, menurut perkiraan awal, rata-rata kawah yang terbentuk adalah tiga sampai 10 kawah tambahan per tahun.(Antara/yop) (Foto: Dailymail)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper