Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALEG 2014: 90% Lu Lagi, Lu Lagi, Kualitas DPR Sulit Berubah

BISNIS.COM, JAKARTA--Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) mengungkapkan 90,5%  anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2004-2009 kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2014, sehingga diperkirakan kualitas parlemen 2009-2014 tidak akan ada perubahan signifikan."Sejumlah

BISNIS.COM, JAKARTA--Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) mengungkapkan 90,5%  anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2004-2009 kembali mencalonkan diri pada Pemilu 2014, sehingga diperkirakan kualitas parlemen 2009-2014 tidak akan ada perubahan signifikan.

"Sejumlah 90,5%  maju lagi, ini mencerminkan kualitas parlemen tidak akan berbeda dengan tahun 2009," kata Direktur LPI Boni Hargens dalam diskusi bertajuk Potret Mutu Caleg Parpol Peserta Pemilu 2014 di Jakarta, Minggu (5/5)

Menurut Boni,  tidak terlihat proses seleksi terhadap caleg petahana tersebut dari parpol yang bersangkutan. Hal itu ,menurut dia, caleg petahana itu tidak dapat diketahui mana yang rajin atau malas, bermasalah atau tidak namun tetap dicalonkan kembali. "Artinya ada masalah dalam rekrutmen politik dalam prosesnya." 

Dia menjelaskan dari 12 parpol nasional yang ikut Pemilu 2014, Partai Keadilan Sejahtera merupakan partai terbanyak yang memiliki caleg petahana. Menurut dia, dari jumlah kursi yang diraih pada pemilu 2009 sebanyak 57 orang, semuanya mencalonkan diri.

"PKS terbanyak karena semua kadernya di DPR mencalonkan diri kembali," papa Boni. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper