Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENYELAMATAN SUNGAI CILIWUNG: Mapala UI Ajak Masyarakat Tanam Pohon

BISNIS.COM, JAKARTA—Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) menggagas program River Adoption sebagai salah satu kegiatan guna membuat Sungai Ciliwung bersih dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.Humas Mapala UI Half Marathon

BISNIS.COM, JAKARTA—Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia (UI) menggagas program River Adoption sebagai salah satu kegiatan guna membuat Sungai Ciliwung bersih dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Humas Mapala UI Half Marathon Fariska Aryani mengatakan untuk menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap sungai Ciliwung dan juga sebagai sarana launching program Adoption River, Mapala UI membuat kampanye Run FoRiver, sebuah kampanye dengan berlari 10KM dan 21KM Run Foriver.

“Dengan mengikuti kegiatan ini, setiap pelari menyumbangkan satu bibit tanaman untuk ditanam dan dirawat selama 3 tahun,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (24/4/2013).

Tanaman tersebut, lanjutnya akan dirawat oleh Mapala UI yang bertempat di Hulu Ciliwung, Cisarua. Penanaman pohon sendiri rencananya akan dilakukan pada bulan Juni 2013.

Sungai Ciliwung merupakan sungai yang memiliki sejarah panjang perkembangan masyarakat di sekitarnya. Meskipun demikian, kondisi Ciliwung saat ini memprihatinkan dan kompleks akan masalah, seperti sampah, erosi, sedimentasi, dan lain-lain.

Universitas Indonesia sebagai salah satu pihak yang menaungi Mapala UI memberikan dukungan atas program ini dengan mengadopsi salah satu wilayah yaitu Hulu Sungai Ciliwung.

Lebih dari itu, Universitas Indonesia juga memasukkan program ini dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata pada Juni-Juli 2013.

Kegiatan ini akan dilakukan pada Minggu (12/5/2013) mulai 05.30-10.00 WIB, di Kampus Universitas Indonesia, Depok. “Siapapun bisa ikut serta dalam kegiatan ini mulai dari umum, mahasiswa, hingga pelajar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fahmi Achmad
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper