Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kursus & Pelatihan Kemendikbud Bidik 52.000 Peserta

BISNIS.COM, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membidik 53.000 orang untuk mendapatkan pendidikan kursus dan pelatihan untuk menjadi wirausahawan dan lebih mandiri.Wartanto, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan
BISNIS.COM, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membidik 53.000 orang untuk mendapatkan pendidikan kursus dan pelatihan untuk menjadi wirausahawan dan lebih mandiri.

Wartanto, Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan mereka akan dididik melalui kegiatan dari tiga program bantuan dengan anggaran total Rp92 miliar.

Ketiganya yakni Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) dengan sasaran 29.000 orang peserta didik, Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) dengan sasaran 11.000 peserta didik, dan Desa Vokasi (Desi) dengan sasaran 11.000 peserta didik.

“Adapun lembaga yang menjadi sasaran program ini adalah lembaga nonformal, tentu yang menenuhi syarat administratif dan edukatif,” ujar Warsanto.

Menurut Warsanto, lembaga kursus dan pelatihan sangat banyak jumlahnya, dan keberadaannya dapat dikelompokkan menjadi dua jenis berdasarkan tipologinya.

Pertama, kursus tertruktur, berjenjang dan bersertifikasi. Lembaga ini berizin dan mengacu pada standar nasionalatau berbasis Kelembagaan, seperti kursus Komputer, elektronika, menjahit, TKR, TKK, TRP, otomotif, akuntansi, desain, konstruksi, bordir, bahasa, spa, dan perhotelan.

Kedua, kursus tidak tertruktur dan tidak harus bersertifikasi. Penyelenggaran kursus dan pelaatihan ini boleh tidak berizin, dan membuat acuan sendiri. Biasanya penyelenggara kegiatan berbasis masyarakat .

“Contoh dari kegiatan ini adalah kursus ternak ayam, itik, kambing,  kelinci, belut, anyaman bambu, tanaman hias, pembibitan amur, kerajinan tanah liat, dan menyulam,” ujar Warsanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper