Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PELUANG BISNIS: Bali Bakal Punya Pusat Pengembangan UKM Tahun Depan

BISNIS.COM, DENPASAR--Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bali menyambut keberadaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) guna mengakomodasi segala keperluan dan pengembangan kualitas pelaku UMKM.
Yoseph Pencawan
Yoseph Pencawan - Bisnis.com 09 April 2013  |  17:14 WIB

BISNIS.COM, DENPASAR--Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bali menyambut keberadaan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) guna mengakomodasi segala keperluan dan pengembangan kualitas pelaku UMKM.

Dewa Nyoman Patra, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bali, mengatakan prasarana tersebut merupakan bantuan dari kementerian pusat dengan fungsi utamanya adalah meningkatkan sumber daya manusia untuk Koperasi dan UKM di Bali.

"Operasional PLUT baru akan efektif pada 2014 mendatang. Sebab, saat ini Diskop baru dalam tahapan pengadaan lahan saja, seluas 30 are," ujarnya Selasa (9/4/2013).

Ia menjelaskan pihaknya hanya menyediakan lahan dan pusat yang memberikan gedungnya. Menurutnya akhir tahun ini koperasi dan umkm di Bali bisa terakomodasi dalam satu atap.

"Nantinya gedung seluas 30 are yang bertempat di lapangan Pegok Sesetan, Denpasar, akan digunakan untuk melakukan aneka kegiatan bimbingan teknis kepada para pelaku koperasi dan UMKM di seluruh Bali."

Ia berharap pemerintah juga menyediakan ruangan khusus di PLUT untuk memamerkan produk UMKM yang nantinya jika diberikan ruangan khusus untuk kegiatan temu mitra. Terlebih, pemerintah juga telah menyiapkan tenaga ahli yang ditempatkan di PLUT tersebut.

"PLUT sangat ideal untuk menciptakan pasar antar daerah dan ke luar pulau. Kita juga merencanakan untuk mengundang pelaku UMKM dari luar Bali,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, akan sangat ideal, jika PLUT bisa bersinergi dengan industri pariwisata. Ia berharap nantinya pelaku pariwisata dapat membuat paket khusus untuk wisatawan agar mengunjungi PLUT.

"Kami akan mempersiapkan produk-produk unggulan UMKM Bali, dipajang secara apik di sana untuk kepentingan komersial,” paparnya.

Ia pun mendesak kepada semua pelaku pariwisata agar mewajibkan wisatawan harus berkunjung ke PLUT. Ini memungkinkan sekali untuk menaikkan pasar produk UMKM.(k50/yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis peluang bisnis bali peluang plut

Sumber : Steffi Purba

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top