Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAYA SAING PARIWISTA: Pemprov Riau Kembangkan Destinasi

BISNIS.COM, BATAM--Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau memacu pengembangan sejumlah destinasi pariwisata unggulan di daerah ini untuk mempercepat peningkatan daya saing pariwisata.Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti mengungkapkan

BISNIS.COM, BATAM--Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau memacu pengembangan sejumlah destinasi pariwisata unggulan di daerah ini untuk mempercepat peningkatan daya saing pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau Guntur Sakti mengungkapkan saat ini seluruh kabupaten/kota di Kepri sedang menyusun Perwako dan Perbup untuk menentukan Destinasi Pariwisata Unggulan Daerah. Jika pengajuan tersebut telah rampung, destinasi wisata itu akan menjadi destinasi unggulan Provinsi Kepulauan Riau.

"DPUD yang dipilih adalah destinasi terbaik yang memiliki potensi pasar dan memiliko objek wisata. Selalu menjadi pusat kunjungan wisatawan, sudah memiliki infrastuktur dasar dan kami akan meningkaykan daya saingnya," paparnya, Minggu (7/4).

Upaya ini, lanjutnya, untuk mempercepat destinasi wisata unggulan Kepri yang tergolong lambat ditetapkan. Melalui langkah ini diharapkan pengembangan destinasi unggulan wisata akan terpacu dan rutin ditingkatkan.

"Ada satu semangat komitmen di setiap daerah untuk mempercepat destinasi pariwisata unggulan ini," tuturnya.

Dia menilai selama ini peningkatan daya saing destinasi pariwisata unggulan di Kepulauan Riau tergolong lambat dilakukan karena keterbatasan dana dan investasi yang dibebankan ke Dinas Pariwisata. Selama ini juga prinsip kebersamaan untuk membangun pariwisata kawasan ini belum terbangun dengan baik.

Namun, setiap Dinas Pariwisata, nantinya, bisa menggunakkan DPUD tesebut sebagai landasan untuk mengusulkan kebutuhan dana untuk keperluan pembangunan infrastrutur untuk menunjang peningkatan daya saing dalam musrembang Kota.

Selain itu, langkah penetapan DPUD ini juga diharapkan mengurangi biaya promosi yang selama ini menyedot pendanaan yang besar sehingga mengabaikan pendanaan untuk peningkatan daya saing.

"Pariwisata tidak bisa memikirkan sendiri. Perlu memikirkan keterlibatan sektor lain," ungkapnya.

Sejauh ini sejumlah destinasi unggulan telah ditetapkan beberapa diantaranya adalah Downtown Nagoya dan Jembatan I Barelang di Batam, Pulau Penyengat dan Hulu Kota Riau di Tanjung Pinang, Pantai Trikora dan Lagoi di Bintan, Pantai Pandan dan Air Terjun Tujuh Temurun di Kepulauan Anambas. Kemudian Pantai Teluk Betih di Karimun dan Pulau Bena di Lingga. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Others
Sumber : Chandra Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper