Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PESAN PASKAH 2013: Menjadi Manusia Yang Lebih Manusiawi

BISNIS.COM, JAKARTA—Puncak Tri Hari Suci Paskah oleh umat Kristiani akan dilangsungkan Sabtu (30/3/2013) malam ini dan Minggu (31/3/2013) besok, mengusung pesan agar setiap warga di Tanah Air mampu mengubah hati dan sikap yang keras, menjadi lebih

BISNIS.COM, JAKARTA—Puncak Tri Hari Suci Paskah oleh umat Kristiani akan dilangsungkan Sabtu (30/3/2013) malam ini dan Minggu (31/3/2013) besok, mengusung pesan agar setiap warga di Tanah Air mampu mengubah hati dan sikap yang keras, menjadi lebih manusiawi.

Pesan ini sebagai bentuk perhatian dan rasa keprihatinan atas segala bentuk ancaman kekerasan yang masih melanda masyarakat di seluruh pelosok negeri ini, baik ancaman fisik maupun ancaman atas keyakinan yang dianutnya.

"Paskah mengamanatkan kepada kita untuk mengubah hati kita yang keras membatu menjadi hati yang manusiawi, yang mampu mendengarkan suara kebenaran, dan bahkan memperjuangkan kebenaran dengan semangat martyria," ujar Uskup Agung Semarang, Johannes Pujasumarta dalam pesan paskahnya.

Menurutnya dalam ruang publik yang tuna adab oleh karena kekerasan, sebagai umat yang percaya akan kehadiran Tuhan, maka tidak dibenarkan melakukan kekerasan untuk melawan kekerasan.

"Kekerasan bukan solusi menyelesaikan masalah," imbuhnya.

Dalam 2 bulan terakhir selama 2013, dia menjelaskan telah tercatat 15 kasus kekerasan yang menimpa jemaat Kristiani. Kekerasan ini melanjutkan 75 kasus lain yang terjadi sepanjang 2012.

"Kasus-kasus itu merupakan bagian dari total tempat ibadah yang diganggu atau dirusak. Sejak rezim Soekarno sampai rezim Susilo Bambang Yudhoyono, sebanyak 1.250 buah tempat ibadah telah dirusak," jelasnya.

Uskup juga memberi perhatian khusus bagi korban penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan Yogyakarta.

Paling memprihatinkan, pelaku kekerasan tersebut merupakan warga masyarakat sendiri, saudara sebangsa yang secara tidak langsung turut didukung oleh pihak-pihak tertentu yang seharusnya menjamin keamanan di negeri ini.

Sikap intoleransi yang disertai dengan perilaku kekerasan yang dibiarkan itu telah mengantar pada situasi kacau balau, karena premanisme. "Kita telah berada dalam arus spiral kekerasan yang akan membuahkan kematian," tuturnya.

Oleh sebab itu, Pujasumarta berharap Paskah tahun ini menjadi kekuatan bagi semua masyarakat mengubah budaya kekerasan menjadi budaya kelembutan yang berdasar pada kebenaran, keadilan, dan kasih. Selamat Paskah 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper