Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PAUS FRANSISKUS: Vatikan Tunjuk Kardinal Non-Eropa

BISNIS.COM, PRAHA—Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai Paus non-Eropa pertama dalam 1.200 tahun terakhir. Bergoglio memilih nama Paus Fransiskus untuk nama kepausannya.
Ahmad Puja Rahman Altiar
Ahmad Puja Rahman Altiar - Bisnis.com 14 Maret 2013  |  18:07 WIB

BISNIS.COM, PRAHA—Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai Paus non-Eropa pertama dalam 1.200 tahun terakhir. Bergoglio memilih nama Paus Fransiskus untuk nama kepausannya.

Ribuan Umat Katolik, yang berkumpul di alun-alun St. Peter, menyambut Bergoglio yang muncul di balkon gereja. Ritual ini merupakan ajang baginya untuk memperkenalkan diri sebagai Paus baru kepada dunia.

“Seperti yang Anda tahu, kewajiban konklaf adalah menunjuk seorang uskup bagi Roma, tapi sepertinya saudara-saudara saya, para kardinal, pergi ke ujung dunia untuk mencari orang itu,” kata mantan Uskup Agung Buenos Aries itu kepada kerumunan itu.

Kamis pagi (14/3/2013), dia akan meninggalkan Vatikan untuk pertamakalinya sebagai paus untuk berdoa kepada Bunda Maria di basilika Roma. Sorenya, Francis dijadwalkan menemui pendahulunya, Paus Benediktus XVI, yang mengundurkan diri pada 28 Februari 2013.

Orang Argentina yang berdarah Italia itu mewarisi dari Benediktus XVI, pendahulunya yang berasal dari Jerman, sebuah gereja yang telah diguncang skandal pelecehan seks di tengah-tengah sekulerisme yang semakin kuat di Dunia Barat.

Tantangan terbesarnya adalah memulihkan reputasi lembaga yang berusia ribuan tahun itu di hadapan Umat Katolik Roma, yang jumlahnya di seluruh dunia melampaui penganut Agama Islam.(msb)

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

roma katolik kristen pope francis asap

Sumber : Bloomberg

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top