Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Ibu Kota Perlu Bangun Tempat Evakuasi Khusus

JAKARTA-- Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna pada Jumat mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menyiapkan tempat khusus untuk evakuasi warga, karena banjir hampir setiap tahun melanda Ibu Kota.Dengan demikian, kata

JAKARTA-- Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna pada Jumat mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menyiapkan tempat khusus untuk evakuasi warga, karena banjir hampir setiap tahun melanda Ibu Kota.

Dengan demikian, kata dia, warga sudah tahu kemana harus mengungsi saat banjir melanda pemukiman. Menurut dia saat ini tempat khusus pengungsian yang layak belum tersedia dan sebagian warga belum tahu harus mengungsi saat banjir.

"Tempat pengungsian yang ditempati pengungsi saat ini tidak layak seperti di jalanan, sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya," katanya.

Yayat mengatakan, tempat evakuasi bisa dibangun di tanah-tanah kosong ataupun lapangan serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan sanitasi memadai.

Dia juga mengatakan bahwa idealnya pembangunan kota harus dilakukan berbasis mitigasi bencana.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir yang merendam 73 kelurahan di Jakarta memaksa 15.423 orang tinggal di 68 titik pengungsian. (Antara/spr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper