Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Ibu Kota Perlu Bangun Tempat Evakuasi Khusus

JAKARTA-- Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna pada Jumat mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menyiapkan tempat khusus untuk evakuasi warga, karena banjir hampir setiap tahun melanda Ibu Kota.Dengan demikian, kata
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Januari 2013  |  13:00 WIB

JAKARTA-- Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Yayat Supriyatna pada Jumat mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus menyiapkan tempat khusus untuk evakuasi warga, karena banjir hampir setiap tahun melanda Ibu Kota.

Dengan demikian, kata dia, warga sudah tahu kemana harus mengungsi saat banjir melanda pemukiman. Menurut dia saat ini tempat khusus pengungsian yang layak belum tersedia dan sebagian warga belum tahu harus mengungsi saat banjir.

"Tempat pengungsian yang ditempati pengungsi saat ini tidak layak seperti di jalanan, sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya," katanya.

Yayat mengatakan, tempat evakuasi bisa dibangun di tanah-tanah kosong ataupun lapangan serta dilengkapi dengan fasilitas pendukung dan sanitasi memadai.

Dia juga mengatakan bahwa idealnya pembangunan kota harus dilakukan berbasis mitigasi bencana.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir yang merendam 73 kelurahan di Jakarta memaksa 15.423 orang tinggal di 68 titik pengungsian. (Antara/spr)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Sylviana Pravita RKN

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top