Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Komputer lambat bukan akhir dari segalanya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencari tahu penyebabnya.

Komputer saya terasa sangat lambat. Ki­ra-kira bagaimana cara­nya agar bisa lebih ce­pat?  Ini mungkin pertanyaan yang akan muncul setelah Anda menggunakan komputer pribadi setelah beberapa waktu. Solusi paling jelas tentunya membeli komputer baru yang lebih ce­pat dan mutakhir, namun bila usia komputer Anda belum terlalu lama biasanya kita bisa mencari solusi yang jauh lebih murah.

Pemecahan masalah komputer yang bekerja lambat ini secara ga­ris besar ada dua, yaitu membuat peranti lunak berjalan lebih cepat serta meng-upgrade komponen untuk meningkatkan kinerja komputer. Untuk yang terakhir ini kita se­baik­nya melihat dulu komponen mana yang perlu ditingkatkan kemampuannya.

Periksa Peranti Lunak

Bila komputer terasa berjalan lam­bat, kita juga bisa mencoba agar peranti lunak seperti sistem ope­rasi atau aplikasi berjalan de­ngan lebih efisien. Sistem operasi Win­dows misalnya dapat berjalan lebih cepat bila kita melakukan pemeliharaan rutin. Beberapa lang­kah pemeliharaan rutin ini biasanya sudah dapat dilakukan sendiri oleh Windows, tetapi tidak ada salahnya kita memeriksanya di sini.

Pertama kali kita harus memasti­kan bahwa  program-program yang tidak diinginkan tidak berjalan. Ini kerap kali berarti mengusir malware. Selain dapat mengancam keamanan data dan identitas pribadi, malware juga merampas sumber daya dari komputer yang sedang berjalan. Bila spesifikasi mesin Anda pas-pasan saja ini tentu akan membuat kinerjanya menurun drastis.

Malware bisa ditangkal dan di­beran­tas dengan memasang aplikasi antivirus/antimalware. Sebagian orang enggan memasangnya, kadang dengan alasan aplikasi keamanan tersebut juga memperlambat ker­ja komputer. Bila ini menjadi alas­an Anda, paling tidak jalankan pe­mindaian manual secara rutin sekali seminggu.

Tidak semua program yang ti­dak Anda inginkan bermaksud ja­hat. Program-program seperti ini mungkin dijalankan otomatis pada saat komputer dihidupkan. Kita dapat memanfaatkan utilitas msconfig untuk melihat program-prog­ram seperti ini.  Dari tab startup kita dapat mematikan program yang kiranya tidak diperlukan.

Cakram keras juga sering menjadi sumbat botol kinerja komputer. Bila Anda tidak ingin membeli cakram keras yang lebih cepat, masih ada beberapa metode yang dapat di­gunakan untuk membuat Windows berjalan lebih efisien. Di antaranya adalah menghapus berkas-berkas yang tidak diperlukan, memeriksa cakram keras dari kesalahan, dan defragmentasi.

Memperbarui Peranti Keras

Mengoptimalkan sistem operasi mungkin kelihatannya lebih murah dilakukan, tetapi dampaknya kerap kali terlalu kecil. Cara yang lebih efek­tif biasanya adalah melakukan upgrade peranti keras.

Tentunya kinerja akan terbantu bila semua komponen yang dapat di-upgrade diganti dengan yang lebih mutakhir. Namun pada praktiknya mungkin tidak semua komponen perlu diperbarui. Bagian mana yang perlu di-upgrade tergantung pola pemakaian. Komputer Anda mungkin hanya perlu upgrade salah satu dari prosesor, RAM, cakram keras atau adapter grafis.

Untuk mengetahui sumbat botol kinerja Anda bisa menggunakan alat seperti Task Manager atau Process Explorer pada Windows. Bila dalam pemakaian sehari-hari beban prosesor sering mendekati 100 persen, itu berarti kerja Anda menuntut banyak tenaga prosesor. Dalam hal ini sangat disarankan meng-upgrade prosesor baru bila dimungkinkan.

Bila pemakaian RAM Anda sering mendekati beban maksimum, itu tandanya Anda harus meng-upgrade memori. Upgrade RAM memungkinkan sistem operasi meng­hindari pemakaian cakram keras yang sangat lambat itu sebagai memori cadangan.

Bila komputer Anda menggunakan adaptor grafis terintegrasi pada desktop, seperti yang biasa ditemu­kan pada banyak komputer ke­las bawah, Anda selalu bisa me­nambah­kan kartu grafis diskret untuk me­ning­katkan kinerja grafis. Adapter grafis diskret ini biasanya diperlukan oleh game yang menuntut tampilan 3D dan aplikasi profesional di bidang CAD/CAM (computer aided design/ computer aided manufacturing).

Terakhir, Anda juga dapat meng-upgrade cakram keras. Akses ke cakram keras dilakukan ketika memuat aplikasi dan data, serta me­nyimpan data baik untuk semen­tara atau permanen. Karena cakram keras merupakan komponen paling lambat dalam suatu sistem komputer, menggunakan cakram keras yang lebih cepat, misalnya dengan meng­gunakan solid state disk (SSD) biasa­nya akan meningkatkan kinerja komputer secara keseluruhan.

Bagaimana? Sudah siap melakukan pemeriksaan untuk meningkatkan performa komputer Anda?.   (sut)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Gombang Nan Cengka

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper