Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balikpapan dongkrak kunjungan turis lewat Kelompok Sadar Wisata

BALIKPAPAN: Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan akan menggalang pembentukan kelompok sadar wisata di tiap kecamatan guna memacu tingkat kunjungan pada obyek wisata.Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan Doortje

BALIKPAPAN: Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan akan menggalang pembentukan kelompok sadar wisata di tiap kecamatan guna memacu tingkat kunjungan pada obyek wisata.Kepala Disporabudpar Kota Balikpapan Doortje Marpaung kelompok sadar wisata ini nantinya akan mengenalkan potensi wisata yang ada pada tiap kecamatan, baik kepada wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Seperti pembinaan pada kelompok itu sehingga akan ada interaksi sosial antara wisatawan dan penduduk sekitar yang akan menimbulkan kenangan,” ujarnya, hari ini.Selain itu, kelompok tersebut juga bisa menginisiasi ekonomi kreatif untuk mendukung perkembangan sektor pariwisata seperti dengan penyediaan souvenir atau kerajinan tangan lainnya.Menurut dia, kegiatan tersebut akan menghidupkan kegiatan ekonomi sejalan dengan perkembangan kawasan wisata.Dia mengakui baru ada dua kelompok sadar pariwisata yang ada di Balikpapan yakni di Balikpapan Timur dan Balikpapan Barat. Kelompok tersebut beranggotakan warga yang ada di sekitar lokasi wisata sehingga memiliki pengetahuan yang lebih mengenai seluk beluk obyek wisata tersebut.Pemerintah memberikan bantuan dana berupa pelatihan dan pembimbingan untuk membantu operasional kelompok sadar wisata tersebut. Apabila telah mampu mandiri, Doortje berharap, hal tersebut bisa ditularkan pada komunitas lainnya sehingga akan ada sinergi positif yang akanmendukung perkembangan pariwisata daerah. (arh)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper