Penerbit minta maaf, ISTRI SIMPANAN ditarik dari peredaran

SOLO: Peredaran buku yang mengisahkan ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ di mana isinya menceritakan ‘istri simpanan’ segara ditarik oleh penerbitnya CV Media Kreasi, karena dianggap meresahkan para siswa.
News Editor | 14 April 2012 15:44 WIB

SOLO: Peredaran buku yang mengisahkan ‘Bang Maman dari Kali Pasir’ di mana isinya menceritakan ‘istri simpanan’ segara ditarik oleh penerbitnya CV Media Kreasi, karena dianggap meresahkan para siswa.

 

“Hari ini kita mulai melakukan penarikan lembar kerja siswa (LKS) itu dari peredaran di toko-toko buku maupun distributor di Jakarta,” tutur pemilik CV Media Kreasi, Heryanto di Sukoharjo Jumat 13 April 2012.

 

Selain itu, Heryanto juga meminta maaf kepada semua pihak yang terkait dengan permasalahan itu yang telah dibuat resah atas redaksional yang kurang pantas dikonsumsi anak sekolah dasar.

 

Redaksional itu tertera dalam buku Lembar Kerja Siswa Pendidikan Lingkungan Budaya Jakarta (LKS-PLBJ) yang saat ini telah beredar, bahkan dipakai SD Angkasa IX Halim, Jakarta Timur sebagai buku ajar.

 

“Kami belum tahu berapa banyak buku yang telah beredar, karena itu yang mengurusi tim pemasaran Jakarta. Namun kami mengharapkan dalam satu hari ini semua buku dapat selesai ditarik dari peredaran,” ujarnya.

 

Kasus buku LKS tak layak anak itu mencuat ketika kritikan dari orang tua murid dan tanggapan beberapa pihak terhadap isi buku LKS tersebut menghiasi sejumlah media cetak maupun elektronik di Ibu Kota.

 

Buku itu hasil terbitan perusahaan yang berkantor di  Perum Jombor Permai Blok A2 Kabupaten Sukoharjo, Jateng.

 

Pada Bab 11 buku, terdapat cerita berjudul Bang Maman Dari Kali Pasir, yang dianggap tidak pantas untuk dikonsumsi siswa SD adalah kata-kata ‘Istri simpanan’ yang tertulis dalam salah satu penggalan cerita yang berbunyi “Akhirnya Bang Maman meminta bantuan kepada Fatime supaya berpura-pura menjadi istri simpanan Salim”. (k39/Bsi)

Sumber : Puput Ady Sukarno

Tag :
Editor : Puput Jumantirawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top